Pengembangan Game Edukasi Genially Ular Tangga Pada Konsep Bioteknologi Kelas IX
Abstract
Pengembangan media pembelajaran Ular Tangga berbasis digital untuk pembelajaran IPA materi bioteknologi dimulai dengan tahap analisis. Dalam tahap analisis ini, ditemukan bahwa dominasi metode ceramah, kurangnya motivasi belajar dan minimalnya penggunaan media dalam pembelajaran menjadi permasalahan utama. Oleh karena itu, diperlukan media pengembangan yang dapat mendukung pembelajaran untuk mengurangi dominasi metode ceramah dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menciptakan produk berupa media pembelajaran Ular Tangga berbasis digital yang telah diuji kelayakannya oleh para ahli dan mendapat respon positif dari guru dan peserta yang dibesarkan melalui angket respon. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang dipilih sebagai kerangka kerja untuk penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil validasi dari berbagai ahli media, materi, dan bahasa mendapatkan pernyataan media yang layak diujicobakan dengan revisi. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran Ular Tangga berbasis digital untuk pembelajaran IPA materi bioteknologi kelas IX dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
KOSMOLOGI (Jurnal Pendidikan IPA dan Sains) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
KOSMOLOGI (Jurnal Pendidikan IPA dan Sains) is a journal published by the Department of Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Sultan Ageng Tirtayasa University.
Publisher Address: JI. Raya Ciwaru No 25 Serang City, Department of Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Sultan Ageng Tirtayasa University, Ciwaru Campus, Serang, Banten, Indonesia. Phone / Fax: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected]