Metode John Thompson’s Pada Pembelajaran Piano Di Unity Music School Serang

Dandi Adhi Septian, Suhaya Suhaya, Dadang Dwi Septiyan

Abstract


ABSTRACT

Learning is something that must be taken by a student to complete the achievement in obtaining things that are not known to be known. The scope of this research refers to the learning methods that support piano learning at Unity Music School Serang, Banten Province. The learning method in question is the piano learning method in the realm of song repertoire, namely the method of John Thompson's Modern Course for the Piano series. This piano learning method has a grade in each class taught by piano students at Unity Music School Serang. In addition to knowing the extent of the piano learning process at Unity Music School Serang using John Thompson's method, The researcher also attempts to analyze John Thompson's method in the realm of song repertoire, The presentation is in the form of song analysis items and steps in using John Thompson's method at Unity Music School Serang. Thus, the discussion in this study refers to the overall method of John Thompson's which is packaged in descriptive qualitative research.

Keywords: Piano Learning, John Thompson’s Methods, Song Repertoire, Analysis

ABSTRAK

Pembelajaran merupakan hal yang harus ditempuh seorang siswa untuk menuntaskan ketercapaian dalam memperoleh hal-hal yang tidak diketahui menjadi diketahui. Pada lingkup penelitian ini mengacu pada metode pembelajaran yang menunjang dalam pembelajaran piano di Unity Music School Serang Provinsi Banten. Metode pembelajaran yang dimaksud yaitu metode pembelajaran piano dalam ranah pembendaharaan lagu, yaitu metode John Thompson’s seri Modern Course for the Piano. Metode pembelajaran piano ini memiliki tingkat pada setiap kelas yang diampu oleh siswa piano di Unity Music School Serang. Selain mengetahui sejauh mana proses pembelajaran piano di Unity Music School Serang dengan metode John Thompson’s, peneliti juga berupaya menganalisis metode John Thompson’s dalam ranah pembendaharaan lagu, sajiannya berupa butir analisis lagu dan langkah-langkah dalam menggunakan metode John Thompson’s di Unity Music School Serang. Dengan begitu pembahasan pada penelitian ini mengacu pada keseluruhan metode John Thompson’s yang dikemas dalam penelitian kualitatif secara deskriptif.

Kata Kunci: Pembelajaran Piano, Metode John Thompson’s, Pembendaharaan Lagu, Analisis


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Artikel Jurnal

Heru, J. M. (2017). Popular Piano Method. jeliaedublogspot.com

Buku

Djam’an Satori dan Aan Komariah. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. 7th ed. Bandung: ALFABETA.

Hamzah Ahmad dan Ananda Santoso. (1996). Kamus Pintar Bahasa Indonesia. Surabaya: FajarMulya.

Sukohardi, Al. (2019). Teori Musik Umum. 27th ed. edited by P. M. Liturgi. Yogyakarta: Percetakan Rejeki Yogyakarta.

Suryobroto, B. (1986). Mengenal Metode Pengajaran Di Sekolah Dan Pendekatan Baru Dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Amarta.

Syafiq, Muhammad. (2003). Ensiklopedia Musik Klasik. 1st ed. edited by I. Ardiansyah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Skripsi, Thesis

Utami, Nur Aini Putri. (2019). Pembelajaran Piano Klasik Dengan Metode Faber. Semarang: Unnes.Press.

Lu, Yuanyuan. (2012). Survey of Eighteen North-American Piano Method Books: Repertoire Selection and Categories. University of Ottawa, Canada, Ottawa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/m.v1i1.12932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MATRA has been indexed by:

   
      

 

 

 

MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa dipublikasikan oleh Prodi pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Creative Commons License 

 

MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2024, MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa.


View My Stats