PROSES PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL DI YAMAHA TOPAZ MUSIC SCHOOL KOTA CILEGON

Dhini Khoirunnisa Havazah, Suhaya Suhaya, Dadang Dwi Septiyan, Syamsul Rizal

Abstract


Yamaha Topaz Music School Kota Cilegon merupakan lembaga pendidikan nonformal yang bergerak dibidang pembelajaran musik khususnya vokal dan merupakan sekolah musik yang memiliki kredibilitas serta eksistensi yang baik di Kota Cilegon, karena telah meraih banyak prestasi. Berdasarkan fenomena tersebut penelititian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran teknik vokal di Yamaha Topaz Music School Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran teknik vokal terbagi menjadi 5 tahapan yaitu pra kegiatan, kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir, dan evaluasi. Pembelajaran dapat dikatakan baik, hal ini terlihat dari hasil peserta didik yang mampu menerapkan materi teknik vokal. Selain itu, hasil pembelajaran yang diperoleh adalah pengajaran pelatih yang lebih menekankan penggunaan teknik vibrato, karena bagi pelatih penggunaan teknik vibrato dalam bernyanyi dapat membantu menghidupkan dan meningkatkan power suara penyanyi.

 

Kata kunci : proses pembelajaran, teknik vokal, yamaha topaz


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Matra has been indexed by:

1. Google Schoolar