Upaya Meningkatkan Eksistensi dalam Bekesenian Musik Tradisional Pada Sanggar Panghegar Manah di Kabupaten Pandeglang

Abdullah Arif, Suhaya Suhaya, Rian Permana

Abstract


Kurangnya eksistensi kegiatan berkesenian musik tradisional pada sanggar Panghegar Manah di Kabupaten Pandeglang, membuat penelitian ini mempunyai tujuan (1) Mengetahui apa saja yang membuat kurangnya eksistensi berkesenian musik tradisional, dan (2) Upaya meningkatkan eksistensi dalam berkesenian musik tradisional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang artinya penelitian ini memberikan gambaran tentang permasalahan melalui analisis dan pendekatan ilmiah pada Sanggar Panghegar Manah. Objek penelitian ini akan berpusat pada sanggar Panghegar Manah sendiri dan Subjek dari penelitian ini akan berfokus pada pemilik sekaligus pengelola sanggar yaitu bapak Casmita serta para anggota sanggar yang ada. Pada teknik pengumpulan data akan dilakukan oservasi, wawancara dan dokumentasi sebagai acuan untuk memperoleh data yang diperlukan sedangkan keabsahan data diperoleh dari triangulasi sumber, teknik dan data. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa sanggar Panghegar Manah ini pada awal pendiriannya sekitar tahun 2000an di komplek Empang Sari Desa Banjar masih sangat aktif dalam berkegiatan musik tradisionalnya akan tetapi memasuki tahun 2010an sampai sekarang kegiatan eksistensi semakin tergerus akibat perkembangan jaman modernisasi dan banyaknya para anggota yang berpindah domisili. Upaya yang dilakukan peneliti seperti peremajaan alat, pembersihan gedung latihan, pembuatan latihan terprogram, pembuatan garapan lagu dan promosi yang telah dilakukan bersama sehingga kembaliknya kegiatan sanggar seperti pada umumnya diharapkan bisa meningkatkan kembali kegiatan eksistensi berksenian musik tradisional pada sanggar ini, dan akan terus berlangsung kedepannya.

 

Kata Kunci: Eksistensi, Musik Tradisional, Sanggar Panghegar Manah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Matra has been indexed by:

1. Google Schoolar