Pengaruh pengajaran teknik inquiry terhadap prestasi siswa pada materi peragaan adegan drama musikal mata pelajaran seni budaya di mts Negri 4 pandeglang

noval ahmad muzaqi, Rian Permana, Giri Mustika Roekmana

Abstract


Skripsi ini membahas masalah pengaruh pengajaran yang menggunakan teknik inquiry terhadap prestasi belajar siswa MTs Negeri 4 Pandeglang dalam mata pelajaran seni budaya materi memperagakan adegan drama musikal. Skripsi ini bertitik tolak dari masalah-masalah pengaruh teknik pengajaran yang digunakan terhadap prestasi siswa, dan pengaruh teknik inquiry terhadap prestasi siswa dalam pengajaran seni budaya, apabila dibandingkan dengan teknik ceramah. Tujuan skripsi ini adalah mencari teknik yang efektif dalam mengajarkan mata pelajaran seni budaya. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain pretest, posttest kelompok kontrol tak acak. Sedangkan tekniknya adalah teknik wawancara, observasi, dan test (uji coba), instrumen nya adalah format checklist, kartu partisipasi, soal test, lembar materi, dan lembar jawaban test. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan perhitungan statistik inferensial dengan tiga perhitungan, pertama perhitungan uji normalitas, kedua perhitungan homogenitas, dan yang ketiga perhitungan beda dua rata-rata. Hasil perhitungan uji normalitas menunjukkan bahwa data dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen normal sebab X2 hitung (9,7) < X2 tabel (0,01) (11,3), dan X2 hitung (0,96) < X2 tabel (0,01) (13,3). Hasil perhitungan uji homogenitas menjunjukan bahwa variansi kelas kontrol dan variansi kelas eksperimen itu homogen dalam taraf signifikansi 0.01 taraf kepercayaan 99% sebab F hitung < F table, atau F < F 0,01 (34/34), yaitu 0,87 < 2,26. Hasil perhitungan uji beda dua rata-rata menunjukan bahwa penelitian dalam skripsi ini menerima hipotesis kerja (H1) dan menolak hipotesis nol (H0) karena t hitung  >  dari pada t table atau t hitung > t 0,99 (66) jelasnya 2,51 > 2,39,Dengan demikian kesimpulannya adalah pengaruh pengajaran yang menggunakan teknik inquiry lebih efektif dari pada pengaruh pengajaran yang menggunakan teknik ceramah.


Full Text:

PDF

References


Haerudin, Ade. & Hasan, Said. 2017 Model Dan Pendekatan Inovatif.

Yogyakarta: Lintas Natar Cepe

Ahmad Tafsir. 2008. Ilmu Pendidikan Islam dalam persefektif islam.

Bandung :Remaja Rosdah Karya.

Ratna Wilis Dahar. 1991. Teori-teori Belajar.

Jakarta: Erlangga

Roestiyah, N.K. 2008 Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: Pt Asdi Mahasatya.

Sudjana, Nana. 2019 Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Susanti, Lida. 2018 Prestasi Belajar Akademik & Non Akademik.

Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Stephen, B. 2000. Understanding and Facilitating Adult Learning. San Fransisco: Josey-bass Publiser

Ibrahim, R dan Nana Syaodih S. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Abd Rahman BP .2022. Pengertian Pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Volume 2, Nomor 1, Juni 2022 https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/m.v3i2.27797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MATRA has been indexed by:

   
      

 

 

 

MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa dipublikasikan oleh Prodi pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Creative Commons License 

 

MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2024, MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa.


View My Stats