Fungsi Musikalitas Rebab Sunda dalam Sajian Gending Karatagan Berperan Sebagai Media Komunikasi Interpersonal

Fikri Yuliana Anwari, Jaeni Wastap, Rian Permana

Abstract


Rebab merupakan salah satu intrumen utama dalam seni karawitan Sunda, yang memainkan peran sentral menjadi penuntun lagu khususnya sajian gending karatagan dalam wayang golek. Dalam konteks ini, musikalitas rebab tidak hanya berfungsi sebagai penghasil melodi utama, tetapi juga memiliki fungsi sebagai media komunikasi interpersonal dengan pemain lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran fungsi musikalitas rebab dalam gending karatagan sebagai sarana komunikasi nonverbal antara pemain rebab dengan pemain lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis, memadukan data dari studi literatur, observasi pertunjukan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa fungsi musikalitas rebab berperan dalam membangun hubungan emosional yang mendalam antara setiap pemain melalui variasi melodi, ritme, dan teknik improvisasi. Melodi rebab yang khas mampu menyampaikan nuansa emosi yang kompleks, sehingga menciptakan komunikasi yang intens. Selain itu, dalam konteks komunikasi interpersonal, peran pengrebab harus memiliki prinsip dasar dari seluruh alat musik yang bersangkutan, guna mampu menjadi penyeimbang pemikiran dalam menciptakan musikalitas, dan menghasilkan keselarasan. Penelitian ini menegaskan bahwa fungsi musikalitas rebab tidak hanya sebatas aspek teknis dalam musik, tetapi juga sebagai jembatan komunikasi interpersonal yang menghubungkan pemain satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, rebab memiliki nilai yang signifikan sebagai media komunikasi interpersonal dalam konteks seni tradisi.

Kata Kunci : Musikalitas, Rebab Sunda, Gending Karatagan, Komunikasi interpersonal.


Full Text:

PDF

References


Ardana, (2012). SEKALA NISKALA : Realitas Kehidupan Dalam Dimensi Rwa Bhineda. Jurnal Dewa Ruci. Vol- 8 No- 1.

Ardana, I Ketut. (2013). Pengaruh Gamelan terhadap Baleganjur Semaradana. Jurnal Seni Pertunjukan. Vol- 14 No- 2.

Alamsyah, Y Nurjaman. (2020). KENDANGAN WAYANG GOLEK UGAN RAHAYU : RESPONS MASYARAKAT DAN DAMPAK PADA KESENIAN WAYANG GOLEK. Jurnal Paraguna. Vol- 7 No- 1.

Braum & Clarke 2006, (Sitasari, W Novendawati, 2022). MENGENAL ANALISA KONTEN DAN ANALISA TEMATIK DALAM PENELITIAN KUALITATIF. Forum Ilmiah. Vol- 11 No- 19.

Hidayat, (2022). Peran Emosi Musikal Musisi untuk Meningkatkan Kinerja Estetis : Studi Kasus Pada Pemain Cello dan Gitar. Jurnal Resital. Vol- 23 No- 2.

Halimah, (2016). Musik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar. Kampus Cibiru. Vol-2 No-2

Hermono, S. (2023). KAJIAN FUNGSI REBAB : STUDI KASUS PENERAPAN REBAB PADA MATA KULIAH PENGAYAAN SULUKAN PRODI PEDALANGAN. Pranata Laboratorium Muda. Prodi Seni Pedalangan. Vol- XX No- 1.

Herdini, Heri. (2012). Estetika Karawitan Tradisi Sunda. Jurnal Panggung. Vol- 22 No- 3.

Irawan, E. (2014). Karakter Musikal Lagu Gede Kepesindenan Karawitan Sunda. Jurnal Resital. Vol- 15 No- 1.

Ichsan & Ali, A. (2020). METODE PENGUMPULAN DATA PENELITIAN MUSIK BERBASIS OBSERVASI AUDITIF. Jurnal Musikolastika. Vol- 2 No- 2.

Karwati, DKK. (2022) Kajian Organologi Alat Musik Tradisional Canang Ceureukeh. Siwayang Jurnal Vol-1 No-4.

Koentjaraningrat, 1984. (Unayah, 2017). Gotong Royong Sebagai Modal Sosial Dalam Penanganan Kemiskinan. Pusat Pendidikan dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial.

Kartomi, M. (1990). “On Concepts and Clasifications Of Musikal Instrument”. University Of Chicago Press.

Kustiawan, W. DKK. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multi Disiplin Dehasen. Vol- 1 No-3.

Lestari, DKK. (2013). ANALISIS PENGARUH AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMORI JANGKA PENDEK PADA KELOMPOK USIA PRODUKTIF BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN. Makalah Penelitian Tugas Akhir. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Meleong 2019 (Nasir, DKK. 2023). Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Kualtatif. INOVATIVE : Jurnal Of Sosial Science Research. Vol- 3 No- 5.

Mulyana, Dedi. 2005 (Sapri, 2011). KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN. Jurnal Iqra. Vol- 5 No- 1.

Mufrihah, (2018). Fungsi dan Makna Simbolik Kesenian Jaranan Jur Ngasinan Desa Sukorejo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Mudra, Jurnal Seni Budaya. Vol- 33 No- 2.

Mahmudi, Ali. (2007). MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PROBLEM POSING. PythAgoras. Vol- 3 No- 1.

Ohi, R. (2019). Nilai Organologi Akustik Polopalo. Selonding, Jurnal Etnomusikologi. Vol- 15 No- 1.

Pramudya, (2019). Penciptaan Karya Komposisi Musik Sebagai Sebuah Penyampaian Makna Pengalaman Empiris Menjadi Sebuah Maha Karya. Institut Seni Indonesia Surakarta Vol-17 No-1.

Pahlevi, S Farida. (2018). Peran Kesenian Tradisional Dongkrek Sebagai Media Pendidikan Nilai Moral. Jurnal Pendidikan dasar Islam Berbasis Sains. Vol- 3 No- 2.

Permana, R. (2016). DASAR-DASAR BELAJAR REBAB SUNDA. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni. Vol- 1 No- 1.

Permana, R. (2019). FUNGSI REBAB DALAM PENYAJIAN KARAWITAN SUNDA. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni. Vol- 4 No- 1.

Sedjati, F Amadeous. (2023). TINJAUAN TEKNIK PERMAINAN ALAT MUSIK PIANO PADA LAGU “ALLEGRO BARBARO SZ 49” KARYA BELA BARTOK. Repertoar. Vol- 4 No- 1.

Sitanggang, N. (2020). ETNOMATEMATIKA : EKSPLORASI ALAT MUSIK TRADISIONAL KHAS BATAK TOBA. Jurnal PEKA. Vol- 4 No- 1.

Soepandi, A. (1984). “Tetekon Padalangan Sunda”. Jakarta : Balai Pustaka.

Sopandi, (2017). Kontruksi Makna Istilah dalam Garap Rebab Sunda. Jurnal Paraguna Vol-4 No-1.

Sihabudin, A. (2017). Komunikasi Antar Budaya : Satu Prespektif Multidimensi. Jakarta : PT. Buni Aksara.

Suratni & Sadguna, (2019). Komunikasi Musikal Dalam Seni Pertunjukan Bali : Studi Kasus Tari Barong Ket. Jurnal Segara Widya. Vol- 7 No- 2.

Satoto & Purnama, (2024). Peran Aransemen Gending Jagung-Jagung dalam Meningkatkan Kemampuan Menabuh Gamelan : Sebuah Pendekatan Edukatif. Jurnal Promusika. Vol- 12 No-2.

Suci. W. Dewi. (2019). MANFAAT SENI MUSIK DALAM PERKEMBANGAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Perndidikan. Vol- 1. No- 3.

Upandi, Pandi. (1989). Gending Tradisi Gamelan Pelog dan Salendro, Akademisi Seni Tari Indoneisia (ASTI) Bandung.

Wijaya, (2019). KOMUNIKASI SENI INTERPERSONAL DALAM PEMBELAJARAN MUSIK DENGAN RANGSANG AUDIO MENGGUNAKAN METODE ZOLTAN KODALY. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol- 14 No- 2.

Wasono, Adi. (2023). Pemasangan Mikrofon Untuk Instumen Rebab Pada Gamelan Wayang. Jurnal Pengkajian & Penciptaan Wayang. Vol-XX No- 2.

Daftar Narasumber

Caca Sopandi. M.Sn. Doses ISBI Bandung. Maestro rebab Sunda.

Rizki Rizaldi. M.Pd. Doses UPI Bandung. Pengendang wayang golek, Putra Giriharja 3.

Yoga Awaludin. S.Pd. Seniman Pengendang wayang golek, Putra Giriharja 2




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/m.v4i1.34769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MATRA has been indexed by:

   
      

 

 

 

MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa dipublikasikan oleh Prodi pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Creative Commons License 

 

MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2024, MATRA: Jurnal Musik Tari Teater & Rupa.


View My Stats