PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 7 MELALUI MEDIA POWER POINT SISWA KELAS 1 SD PLTU SURALAYA WUKIRRETAWU

Desti Safitri

Abstract


Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD PLTU Suralaya pada pembelajaran tematik Benda, Hewan dan Tanaman di sekitarku melalui media Power Point. Salah satu penyebab rendahnya nilai tematik di SD PLTU Suralaya Wukirretawu adalah kurang nya penggunaan media dalam pembelajaran khususnya saat daring. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah dengan menggunakan media power point dapat meningkatkan hasil belajar tematik Benda, Hewan dan tanaman di sekitarku pada siswa kelas 1 SD PLTU Suralaya Kecamatan Pulomerak kota Cilegon tahun pelajaran 2020/2021? Dengan objek penelitian adalah siswa kelas 1 sebanyak 23 siswa. Hasil Penelitian pada prasiklus menunjukkan siswa yang tuntas belajar 34,7%, siswa yang tidak tuntas belajar 65,3%. Siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 56,5%, siswa yang tidak tuntas sebanyak 43,5%. Siklus II yaitu 69,5%, siswa yang tidak tuntas 30,5%. Pada siklus III siswa yang tuntas belajar sebanyak 86,9% dan yang tidak tuntas sebanyak 13,1%. Pada siklus III penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media powerpoint dinyatakan berhasil karena telah mencapai target ketuntasan yaitu 85% siswa telah dinyatakan tuntas/ mencapai KKM.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, Zainal & Adhi Setiyawan (2012). Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta: PT Skripta Media Creative

Arikunto, Suharsimi (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Majid, Abdul. (2014) Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA

Hamalik, Oemar.(2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Rusman.(2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabetha

Sanaky, Hujair AH.(2012). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Hadi, M. Syamsul.(2008). Mahir Power Point 2007 dalam 240 Menit. Surabaya: Tiara Aksa.

Hartono, Rudi. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta: DIVA Press.

Kastolani.(2014). Model Pembelajaran Inovatif Teori dan Aplikasi. Salatiga: STAN Salatiga Press.

Rasimin.(2017). Model Penelitian: Pendekatan Praktis Kualitatif. Yogyakarta: Getar Hati.

Susanto, Ahmad.(2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenda Media Group.

Thobroni.(2017). Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/prediksi.v1i1.13726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Desti Safitri


Jurnal Prediksi: Profesi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

Jurnal Profesi Pendidikan Indonesia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa is published by Jurusan Profesi Pendidikan Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Kampus C FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang-Banten, Email: PPG@untirta.ac.id