PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN LKPD BERBASIS HOTS KELAS IV SDN TEGAL DAWA

Efa Apriani, Ratna Sari Dewi, Encep Andriana

Abstract


Pembelajaran secara daring membawa dampak pada menurunnya hasil belajar peserta didik. Data hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Tegal Dawa menunjukkan ketuntasan belajar peserta didik pada pembelajaran tematik 50% belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70 dengan nilai rata-rata 59,3. Hal tersebut karena pembelajaran berpusat pada guru serta belum terciptanya pembelajaran yang mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sebagai keterampilan abad 21. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis HOTS. LKPD merupakan media untuk membantu terjadinya interaksi yang aktif dan efektif antara peserta didik dengan sumber belajar. LKPD juga merupakan media untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan meminimalkan peran pendidik. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Langkah-langkah dalam PTK ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV sebanyak 26 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I yaitu 2,08 dengan kategori cukup, siklus II 2,7 dengan kategori baik dan siklus III 3,2 dengan kategori baik sekali. hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I 66,1 dengan presentase ketuntasan belajar 57%, siklus II 74,61 dengan presentase ketuntasan belajar 73% dan siklus III 81,1 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 88%. Dengan demikian penggunaan LKPD Berbasis HOTS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Tegal Dawa Kecamatan Kasemen Kota Serang.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, Zainal. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Astuti, S.S. (2014). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Gaya . Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitria, ade, dkk. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Tabel Periodik Unsur. Universitas Negeri Makassar: Pendi-dikan Kimia

Iriawan, S.B. (2019). Pembelajaran di SD Berbasis TIK: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pem-belajaran Tematik Berbasis TIK. Jakarta: Kemdikbud

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kusumawati, Heny. (2017) Buku Guru SD/MI Kelas IV Indahnya Keragaman di Negeriku Tema 7. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulia, S.D & Sholeh, M.S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 02 (2). 168-176

Noprinda, Tri Chintia, dkk (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan

Nadhiroh, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Termodinamika. Lampung: UIN Raden Intan

Rahdiyanta, Dwi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas (Pengertian, Prinsip, dan Karakteristik PTK),Makalah, Seminar Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMK. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 12 Juli 2012.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta

Syaiful Bahri Djamarah, dkk. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Trianto. 2010. Perangkat Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher Widodo, Tri dkk. (2013). Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Peserta didik. Cakrawala Pendidikan. 18(1). 162

Wulandari. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Cerita Bergambar Pada Materi Sistem Pencernaan Di SMP. Jurnal Biologi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Yusnandar, E. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan di SD. Serang: UPI Kampus Serang

Zalika. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Peserta Didik Kelas V Melalui Penggunaan LKPD Pada Tema Panas dan Perpindahannya Di SD Negeri 05 Indralaya. Palembang: Universitas Sriwijaya




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/prediksi.v1i1.13727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Efa Apriani, Ratna Sari Dewi, Encep Andriana


Jurnal Prediksi: Profesi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

Jurnal Profesi Pendidikan Indonesia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa is published by Jurusan Profesi Pendidikan Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Kampus C FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang-Banten, Email: PPG@untirta.ac.id