PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 7 MELALUI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN KELAS IV SDN UMBUL KAPUK

Enung Siti Nurjanah

Abstract


Pada refleksi awal pelaksanaan pembelajaran Tema 7 di kelas IVA menunjukkan beberapa permasalahan yang mempengaruhi kualitas pembelajaran yang rendah, diantaranya faktor guru, peserta didik, dan fasilitas belajar. Solusi permasalahan ini adalah dilaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan dengan media video pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Tema 7 kelas IV. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dalam 1 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan peserta didik.Variabel penelitian adalah hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data digunakan teknik tes berupa evaluasi. Kemudian hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 59%, pada siklus II diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 77% dan pada siklus III diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 86%. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan Media Video Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tema 7 di kelas IVA SDN Umbul Kapuk Kecamatan Takatakan Kota Serang. Saran bagi guru dalam menerapkan Media Video Pembelajaran adalah mempersiapkan tayangan video agar meningkatkan hasil belajar peserta didik, dalam menyampaikan materi lebih menarik minat peserta didik, selain itu dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran di Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anitah W, dkk., Sri, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2012. Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

BSNP. 2007. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2007. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Depdiknas

Dimyati dan Mujiyono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamdani. 2011. Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Media

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Grup).

Oktaviarini, Oki. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Melalui Strategi Think Talk Write Bermedia Video. Joyful Learning Journal. Vol 1, No22. Diunduh dari http://journal.unnes .ac.id/sju/index.php/jlj/article/vi ew/4904/4427

Sardiman. 2011. Interaksi dan motivasi belajarar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Siregar, Dra. Eveline dan Hartini Nara. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukiman.2012. Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B.. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yusnandar, E dan Y.A. Saabighoot. 2013. Metode Penelitian Pendidikan di SD. Serang: Ikhwan Mandiri Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/prediksi.v1i1.13728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Enung Siti Nurjanah


Jurnal Prediksi: Profesi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

Jurnal Profesi Pendidikan Indonesia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa is published by Jurusan Profesi Pendidikan Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Kampus C FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang-Banten, Email: [email protected]