UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 7 DAN 8 MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar yang rendah dalam pembelajaran tema 7 dan 8 pada murid kelas IV SD Negeri Kuranji yang berdomisili di Jl. 45 Kuranji Kel. Kuranji Kec. Taktakan Kota Serang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk meningkatkan hasil belajar pada tema 7 dan 8 dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SD Negeri Kuranji. Metode yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahap ditiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari siklus I, siklus II dan siklus III. Jadi kesimpulannya, terdapat peningkatan aktivitas belajar serta hasil belajar dengan menggunakan model Discovery Learning dalam pembelajaran tema 7 dan 8 pada siswa kelas IV SDN Kuranji yang signifikan. Peneliti merekomendasikan hasil penelitian ini kepada guru dalam upaya menciptakan pembelajaran yang menarik, efektif dan menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfab eta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/prediksi.v1i1.13730
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jumyati Jumyati, Encep Andriana, Ratna Sari Dewi
Jurnal Prediksi: Profesi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Jurnal Profesi Pendidikan Indonesia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa is published by Jurusan Profesi Pendidikan Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).
Publisher Address: Kampus C FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang-Banten, Email: [email protected]