PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TERINTEGRASI FLIPPED CLASSROOM LEARNING MODEL MATA PELAJARAN IPS DI SDN KRENCENG I KOTA CILEGON

Ari Anggraeni, Syadeli Hanafi, Suhendar Suhendar

Abstract


Inovasi media pembelajaran dalam bentuk digital dibutuhkan untuk dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa sehingga tidak hanya mengandalkan search engine seperti Geogle salah satunya dengan mengembangkan video pembelajaran interaktif menggunakan model pengembangan (ADDIE) yang telah diintegrasikan dengan model pembelajaran Flipped classroom pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses pengembangan, efektifitas, kelayakan dan respon siswa terhadap multimedia interaktif terintegrasi flipped classroom learning model mata pelajaran IPS Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) untuk menghasilkan produk tertentu lalu dilakukan pengujian keefektifan produk tersebut dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan William Lee. Teknik pengumpulan dengan observasi, wawancara, kuisoner dan tes. Hasil penelitian menunjukan pengembangan multimedia interaktif mudah dipahami untuk proses pengembangan media pembelajaran dengan desain instruksional ADDIE. Efektifitas multimedia interaktif setelahproses pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran yang terintegrasi dengan flipped classroom learning model. Kelayakan multimedia interaktif sudah sesuai standar pembelajaran dan telah diberi penilaian oleh para ahli. Respon yang diberikan guru dan siswa cukup baik sehingga video pembelajaran ini layak untuk digunakan. Simpulan penelitiam menunjukan bawha proses pengemabangan multimedia interaktif menggunakan video pembelajaran dengan model ADDIE terintegrasi dengan model flipped calsroom learning dalam mencapai kelayakan. Hasil dari pengembangan multimedia interakftif menunjukan respon positif dari guru dan siswa.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A. Anggito & J. Setiawan (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher.

Abas, H. (2015). The Effectiveness of Online Learning: Beyond No Significant Difference and Future Horizons. MERLOT. Journal of Online Learning and Teaching. 11(2), pp. 309–319.

Alcantar, J. et al. (2019). ADDIE, Instructional Design Based On Fliipped Classroom For Teaching And Learning “From Minerals To Metals: Chemical Processes, Usage And Relevance. In A High School Chemistry Course. International Journal of Current Research. 11(5). doi:

24941/ijcr.35473.05.2019.

Cabi, E. (2018). The Impact of the Flipped Classroom Model on Students’ Academic Achievement. International Review of Research in Open and Distributed Learning. 19(3), pp. 1–21. doi: 10.19173/irrodl.v19i3.3482.

H, N., Hakim, A. and Wahid, M. S. (2021) ‘Interactive E-Module Development in Multimedia Learning’, AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan. 13(3), pp. 2293–2300. doi: 10.35445/alishlah.v13i3.863.

Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020.

Paul, J. and Jefferson, F. (2019). A Comparative Analysis of Student Performance in an Online vs. Face-to-Face Environmental Science Course From 2009 to 2016. Frontiers in Computer Science. 1(7), pp. 1–9. doi: 10.3389/fcomp.2019.00007.

Qiang, J. (2018). Effects of digital flipped classroom teaching method integrated cooperative learning model on learning motivation and outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. pp. 2213–2220. doi: 10.29333/ejmste/86130.

Rasyid, H. (2021). Pengaruh Media Audio Visual (Video) Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Ips Smp/Mts Di Kecamatan Tajinan. Jurnal Sandhyakala. 2(2), pp. 77–86.

Sugiyono (2018) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/prediksi.v3i1.21227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ari Anggraeni, Syadeli Hanafi, Suhendar Suhendar


Jurnal Prediksi: Profesi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

Jurnal Profesi Pendidikan Indonesia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa is published by Jurusan Profesi Pendidikan Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Kampus C FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang-Banten, Email: PPG@untirta.ac.id