Penilaian Autentik melalui Pendekatan Kontekstual

Edy Riyanto

Abstract


Penilaian Autentik memiliki ciri-ciri sebagai berikut. (a) mengukur semua aspek pembelajaran yang terdiri dari proses, kinerja, dan produk; (b) dilaksanakan selama dan sesudah pembelajaran berlangsung; (c) menggunakan berbagai cara dan berbagai sumber dalam proses penilaiannya; (d) penilaian harus menekankan pada kedalaman pengetahuan dan keahlian peserta didik, bukan keluasannya (kualitatif); (e) sebagai salah satu alat pengumpul data penilaian, (f) tugas-tugas yang diberikan kepada peserta didik harus mencerminkan bagian-bagian kehidupan peserta didik sehari-hari, mereka harus dapat menceritakan pengalaman kegiatan yang mereka lakukan setiap hari. CTL adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan situasi dunia nyata guru dan mendorong guru membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka sehari-hari. kompetensi-kompetensi kepribadian, sosial dan manajerial yang sangat baik dalam melaksanakan kegiatan In House Training (IHT) dan pendampingan. Peningkatan kompetensi guru yang sangat baik. Rata-rata kompetensi guru meningkat dari 53,57 (kurang) menjadi 83,93 (mampu) meningkat sebanyak 30,44%. Dengan demikian, pendampingan siklus 2 dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan penilaian autentik di SMPN 3 Pamarayan.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Asmani, J. M. (2010). Tips Menjadi Guru Inspiratif, kreatif, dan Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Blanchard, A. (2001). Contextual Teaching and Learning.(Online). Tersedia:http://www.horizonshel pr.org/.

Kusumah, W. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Maulana, D. (2013). Penilaian Autentik (Authentic Assessment). Lampung: LPMP Provinsi Lampung.

Nurhadi dan Senduk, A. G. (2003). Pembelajaran Kontekstual (ContextualTeaching and Learning) dan Penerapannya. Malang: Universitas Negeri Malang.

Parakan, M. (2021). Pelatihan Penilaian Autentik bagi Guru-Guru SD, 6(1), 55–62.

Safi’i, I., Witdianti, Y., Tarmini, W., & Yanti, P. G. (2020). HOTS Evaluation Instruments in Indonesian Language Textbooks. Retorika, 13(2), 376-386.

Wardoyo, S., M. (2013). Pembelajaran kontruktivisme. Bandung: Alfabeta.

Zahorik. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/prediksi.v3i1.21229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Edy Riyanto


Jurnal Prediksi: Profesi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

Jurnal Profesi Pendidikan Indonesia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa is published by Jurusan Profesi Pendidikan Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Kampus C FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang-Banten, Email: PPG@untirta.ac.id