UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DI SMAN 1 JAWILAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Satiri Satiri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi melalui pelaksanaan supervisi akademik  di SMAN 1 Jawilan Kabupaten Serang Banten tahun 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru-guru di SMAN 1 Jawilan Kabupaten Serang Banten, yang berjumlah 29 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan terjadi kenaikan skor kompetensi pedagogik guru dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi pada prasiklus sebesar 44.17 dengan rerata 1.52, meningkat menjadi 65.44 rerata 2.26 pada siklus 1, dan 77.43 rerata 2.67 pada siklus 2. Demikian juga dengan kenaikan skor kompetensi pedagogik guru dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan standar, dari 38% pada prasiklus menjadi 69% pada siklus 1, dan 97% pada siklus 2. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa supervisi akademik mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmad, Aslikan. 2012. Pengertian Prestasi Belajar. Artikel. yang diakses melalui internet pada situs www.aslikanahmad.prestasi.co.id. pada hari Minggu tanggal 15 Januari 2012 pukul 21.35 WIB.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti. 2009. “Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa melalui Kerjasama Guru dan Orang Tua”. Skripsi. Semarang: UNES.

Barr, RD., Barth J., Shermis, SS. 1977. Defining The Social Studies. Virginia: National Council for The Social Studies.

Gredler, M. 1986. Learning and Instruction, Theory into Practice. New York: Macmillan Publishing Company.

Moore, A. 2000. Teaching and Learning. London& New York: Ronledge Falmer.

Nadhirin. 2010. Kompetensi pedagogik guru dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi. Artikel. yang diakses melalui internet pada situs http://nadhirin.blogspot.com/2010/01/dalam-dunia-pendidikan- terutama dalam_17.html yang diakses pada hari Minggu, 2 Maret 2022 pukul 22.01 WIB.

Nasution, T & Nasution N. 1986. Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan PrestasiBelajar Anak. Yogyakarta: Kanisius.

Sam, Arianto. 2010. Pengertian Prestasi Belajar. Artikel. yang diakses dari situs internet http://ariantosam.artikelpendidikan.student.umm.ac.id. pada hari Rabu, 2 Maret 2022 pukul 14.00 WIB.

Sriwahyuni, D.E, https://sekolah. penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ catatan-gp/koneksi-antar-materi-modul-2-1-pembelajaran-berdiferensiasi/ diakses pada hari Rabu, 30 Maret 2023

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA. Whitherington. 1986. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru.

Widjoyoko, E.P. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Woolfolk, Hughes & Walkup. 2008. Psychology in Education. England: Pearson Education limited.

. 1994. Belajar dan Membelajarkan.Jakarta: Rajagrafindo Persada. Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosdakarya.

__________https://bic.id/merdeka-belajar-kemendikbudristek/diakses pada hari Rabu, 2 Maret 2022 pukul 21.00 WIB

__________https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembelajaran-berdiferensiasi-dan-penerapannya-di-kelas/ diakses pada hari Rabu, 2 Maret 2022 pukul 09.00 WIB.

________ https://penerbitdeepublish.com/kompetensi-pedagogik/ diakses pada hari Rabu, 9 Maret 2022 pukul 09.00 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/prediksi.v3i1.21250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Satiri Satiri


Jurnal Prediksi: Profesi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

Jurnal Profesi Pendidikan Indonesia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa is published by Jurusan Profesi Pendidikan Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Kampus C FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang-Banten, Email: PPG@untirta.ac.id