PAMERAN FOTOGRAFI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING

Muh Husein Baysha, Endah Resnandari Puji Astuti

Abstract


Pameran fotografi yang diselenggarakan menyajikan produk foto-foto berbasis project based learning dengan harapan mahasiswa mampu mengembangkan karir dengan baik sesuai dengan keahliannya. Tujuan penelitian ini adalah; (1) mendeskripsikan implementasi pameran fotografi berbasis project based learning, (2) mengetahui ketercapaian hasil implementasi pameran fotografi berbasis project based learning, (3) mengidentifikasi kendala implementasi pameran fotografi berbasis project based learning. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Penentuan sumber data menggunakan metode sampel bertujuan (purposive sampling). Keabsahan data yang diperoleh dari penelitian ini maka digunakan data triangulation, dimana peneliti menggunakan beberapa sumber data yang sama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini melalui cara; (1) reduksi data, yaitu merupakan proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, pengabstrakan dan transformasi data kasar yang diperoleh di lapangan, (2) penyajian data, yaitu dengan menyajikan berbagai informasi yang diseleksi dalam rangka penarikan kesimpulan, (3) verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan Bentuk pameran yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Pendidikan adalah Pameran Fotografi dengan tema “Pendidikan dan Kearifan Lokal”. Fungsi pameran fotografi yang dilaksanakan prodi Teknologi Pendidikan adalah sebagai sarana apresiasi, komunikasi, fungsi edukasi, rekreasi, prestasi, motivasi dan berorganisasi bagi mahasiswa Teknologi Pendidikan, civitas akademika, dan masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Edi Mulyanta. 2007. Teknik Modern Fotografi Digital. Yogyakarta: Andi Offset.

H.B. Sutopo. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Lexy J Moleong. 2010. Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Made Wena. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Made Wena. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Sobandi, Bandi. 2008. Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa. Maulana Offset: Solo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA