PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (COMMUNITY EMPOWERMENT) MELALUI PENYELENGGARAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM):

Yunus Winoto, Tine Silvana Rachmawati

Abstract


Pemberdayaan masyarakat (community empowerment) adalah merupakan sebuah upaya yang dilakukan dalam rangka mengembangkan potensi masyarakat dan mengatasi berbagai permasalahan yang ada di dalam masyarakat. Adapun salah satu permasalahan yang masih terjadi dalam masyarakat Indonesia adalah  rendahnya budaya literasi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan penyelenggraan taman bacaan masyarakat (TBM) yang ada di Kabupaten Bandung dengan fokus penelitian yaitu untuk mengetahui kegiatan dan program yang dilakukan TBM, penyediaan koleksi/bahan bacaan serta pemanfaatan koleksi oleh masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara  serta melalui studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui Hasil penelitian diketahui bahwa berbagai kegiatan dan program dilakukan para pengelola TBM yang ada di Kabupaten Bandung dalam upaya menumbuhkan budaya literasi informasi seperti aktifitas membaca, diskusi, workshop, pelatihan, perlombaan, pameran dan mendongeng. Mengenai penyediaan bahan bacaan pihak pengelola TBM berupaya untuk menyediakan koleksi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitarnya. Sedangkan mengenai pemanfaatan TBM oleh masyarakat sekitarnya khususnya anak-anak mendapat respon yang positif. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya masyarakat yang datang ke perpustakaan khususnya anak-anak  baik untuk membaca buku maupun untuk meminjam di bawa pulang ke rumah.


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar. 2001. Membangun Kota Berbudaya Literat. Artikel dari Harian Media Indonesia. Jakarta, Sabtu 6 Januari 2001.

Baynham, Mike. 1995. Literacy Practices: Investigating Literacy in Social Contexts. London: Longman.

Hastono, Budi. 2014. Budaya Literasi : Membudayakan Literasi di Kalangan Pelajar. Diakses dari :

http://m.kompasiana.com/post/read/663831/3/ membangun-budaya-literasi.html pada 17 Juli 2014.

http://staff.blog.ui.ac.id/clara/2011/01/06/menciptakan-generasi-literat-melalui-perpustakaan/ pada 17 Juli 2014

Hendrarso, Emy Susanti; Suyanto, Bagong dan Sutinah (Ed.). 2005. Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta : Kencana.

Direktorat Pendidikan Masyarakat – Dirjen Pendidikan Non Formal dan

Informal. 2010. Program Taman Bacaan Masyarakat Penguatan Keaksaraan. Jakarta : Kementerian Pendidikan Nasional.

Kimbley, Gregory A. 1975. Habit. Encyclopedia Americana, (13), 662-664.

Koentjaraningrat, 1974, Pengantar Antropologi. Jakarta: Aksara Baru.

Naibaho, Kalarensi. 2011. Menciptakan Generasi Literat Melalui Perpustakaan. Diakses dari :

Nurhadi, Mulyani Ahmad. 1978. Pembinaan Minat Baca dan Promosi Perpustakaan. Berita Perpustakaan Sekolah, 1 (5), 24-29.

Suherli Kusmana, Suherli. 2009. Membangun Budaya Literasi. Artikel diakses dari http://suherlicentre.blogspot.com/2009/11/membangun-budaya-literasi.html Pada 17 Juli 2014

Wijono. 1981. Bimbingan Membaca. Berita Perpustakaan Sekolah, (40), 38-44.

Winoto, Yunus. 1994. Bagaimana Caranya Mengetahui Kemampuan Membaca Anda. Pembimbing Pembaca, (4), 151-154.

Winoto, Yunus. 2012. Laporan Penelitian : Analisis relevansi internal terhadap kurikulum Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD. Jatinnagor : Fikom Unpad.

Yin, Robert K. 2009. Studi Kasus : Desain dan Metode. ed.1. Jakarta : RajaGrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA