MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DENGAN MEMANFAATKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS EDMODO DALAM PENDIDIKAN NILAI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH

Oka Agus Kurniawan Shavab

Abstract


Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk menggambarkan pentingnya model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS) berbasis edmodo dalam pendidikan nilai pada pembelajaran sejarah. Dengan berkembangnya era globalisasi saat ini diperlukan adanya pendidikan nilai kepada peserta didik agar tetap dapat melindungi diri dari perkembangan globalisasi. Salah satu cara dalam menerapkan pendidikan nilai di kelas adalah dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). Pada model pembelajaran ini, diharapkan setiap siswa mampu mengambil nilai-nilai yang terkandung dari materi yang diajarkan pada pembelajaran sejarah di kelas. Agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik, maka dapat memanfaatkan Learning Management System (LMS) berbasis edmodo yang merupakan produk dari teknologi digital dengan memanfaatkan jaringan internet yang sudah tidak asing lagi bagi siswa.


Full Text:

PDF

References


Djahiri, A. K. 1985. Strategi pengajaran Afektif nilai-moral VCT dan Games dalam VCT. Bandung: Penerbit Granesia.

Greenberg, L. 2011. LMS and LCMS : What’s the Difference?.Available at http://www. etraincenter.com/lms-lcms-compare.aspx [4 April 2017].

Hasan, S. H. 2012. Pendidikan Sejarah Indonesia: Isu dalam Ide dan Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press.

Kamarga, Hansiswany. 2012. Mengkonstruksi Pembelajaran Sejarah Berbasis Online : Perbandingan Antara Learning Content Management System (LCMS) Dengan Learning Management System (LMS) Bandung. Tidak diterbitkan.

Mulyana, A dan Gunawan, R. 2007. Sejarah Lokal Penulisan dan Pembelajaran di sekolah. Bandung: Salamina Press.

Mulyana, A. 2009. Mengembangkan Keraifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah. [Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR. _PEND._SEJARAH /19 6608081991031 -

AGUS_MULYANA/MakalahGarut.pdf [20 April 2017]

Mulyana, R. 2011. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Rahman, Khadijah Abdul. 2010. The Effectiveness of Learning Management System (LMS) Case Study at Open University Malaysia (OUM), Kota Bharu Campus. Journal of Emerging Trends in Computing and Information Sciences.2.2. 73-79.

Schwartz, M. J. 2005. The Modelling of moral Character by high school teachers through transformational leadership and emotional competence.

Washington, D. C.: Pro Quest Information and Learning Company.

Thongmak, Mathupayas. 2013. Social Network System in Classroom: Antecedents of Edmodo. Journal of e-Learning and Higher Education


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA