INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PRAKTIKUM ILMU PENGETAHUAN ALAM FISIKA SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Abdul Rahman H

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan instrumen penilaian kinerja praktikum Ilmu Pengetahuan Alam Fisika Smp kelas VII pada materi pemisahan campuran dengan menggunakan pendekatan saintifik yang valid dan reliabel.Penelitian ini terdiri atas 3 tahapan utama yaitu: a) pengembangan butir instrumen ditelaah pakar, yang berjumlah 5 orang dan dinilai oleh 25 panelis, b) uji coba tahap I dan II, dan c) tahap pelaporan hasil untuk pembakuan instrumen. Penelitian ini dilaksanakan di 9 SMP Negeri di Kabupaten Serang, Provinsi Banten yang melibatkan total 297 siswa-siswi. Adapun analisis data menggunakan structural equation modeling (SEM).Hasil penelitian  instrumen penilaian kinerja dengan total 89 butir pada 6 kegiatan praktikum yang masing-masing kegiatan dibangun oleh  5 dimensi, yaitu; mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/melakukan praktikum, mengasosiasikan/mengolah informasi, dan mengkomunikasikan. Seluruh butir termasuk dalam kategori validitas konstruk yang baik, dan memiliki reliabilitas konstruk berkategori tinggi. Implikasi penelitian ini adalah bahwa Instrumen ini sangat mudah digunakan oleh guru yang mau menilai kinerja siswa dalam praktikum pemisahan campuran karena telah berisi petunjuk penilaian, pedoman penskoran dan disertai rubrik (kriteria penilaian).

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifudin. Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Djaali dan Pudji Muljono. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2008.

Dachlan, Usman. Panduan Lengkap Structure Equation Modeling. Semarang: Lentera Ilmu, 2014.

Gronlund, Norman E. Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Macmillan Publishing Company, 1985.

Kirkendall, Don R, Joseph J. Gruber, dan Robert E. Johnson. Measurament and Evaluation for Physical Educator. Boston: Wm. C. Brown Company Publishers, 1980.

Latan, Hengky. Aplikasi Analisis Data Statistik Untuk Ilmu Sosial Sains Dengan Stata. Bandung: Alfabeta, 2012

Mcmillan, James H. Asessment Essentials for Standar - Based Education. California: Corwin Press, 2008.

Murni, Sylviana dan Vaithzal Rivai. Education Management: Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009

Purwanto. Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Sapriati, Amalia."Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum IPA-Studi Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum IPA-Biologi Pada Siswa SMP di Kota Jogyakarta." Disertasi, UNJ, 2005

Soeprijanto, Pengukuran Kinerja Guru Praktik Kejuruan: Konsep dan Teknik Pengembangan Instrumen. Jakarta: Tursina, 2010.

Santoso, Singgih. Aplikasi SPSS Pada Statistika Multivariat. Jakarta: Elex Media Kom, 2012

Uno, Hamzah B., dan Satrio Koni. Asssesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Wijanto, Setyo Hari. Struktural Equation Modeling Dengan Lisrel 8.8: Konsep & Totorial. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.

Yamin, Sofyan. Rahasia Olah Data Lisrel. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA