PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DALAM TINJAUAN TEORI ARTIKULASI PENYERTA

Rina Yuliana

Abstract


Tulisan ini merupakan kajian literatur yang memaparkan bagaimana pembelajaran membaca permulaan di sekolah dasar ditinjau dari teori artikulasi penyerta. Tulisan ini dilatarbelakangi oleh fenomena pembelajaran membaca permulaan di Sekolah Dasar masih menerapkan metode eja maupun metode bunyi. Artikulasi penyerta merupakan salah satu bagian yang dikaji dalam Fonologi yaitu suatu kajian bagaimana bunyi bahasa terbentuk, berubah baik dalam pelafalan maupun maknanya. Kajian ini dilakukan melalui studi pustaka dengan menganalisis dan mengsintesiskan antara teori artikulasi penyerta dengan Membaca permulaan di sekolah dasar. Membaca permulaan di sekolah dasar menitikberatkan pada kemampuan merangkai huruf atau melek huruf, sedangkan membaca lanjut menitikberatkan pada kemampuan memahami isi wacana atau melek wacana. Artikel ini membahas metode pembelajaran membaca permulaan yang relevan dengan teori artikulasi penyerta, diantaranya; metode Suku kata, Kata, Global, SAS, dan Four Steps Steinberg


Full Text:

PDF

References


Hartati, Tatat. dkk. 2006. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Bandung: UPI Press.

Hartati, Tatat. Review Pedoman MMP Kelas 1. Tidak diterbitkan.

Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mulyati, Yeti. 2012. Modul MMP (Membaca Menulis Permulaan). [Online] Tersedia: http://file.upi.edu/browse.php?dir=Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/196008091986012-YETI_MULYATI/ [9 Februari 2017]

Nurjamal, Daeng., dkk. 2011. Terampil Berbahasa- Menyusun Karya Tulis Akademik, Memandu Acara (MC-Moderator) dan Menulis Surat. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Resmini, Novi., dkk. 2006. Kebahasaan I (Fonologi, Morfologi, dan Semantik). Bandung: UPI Press.

Resmini, Novi. dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press

Resmini, Novi., Juanda, Dadan. 2007. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press.

USAID Prioritas. 2015. Buku Sumber untuk Dosen LPTK- Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: USAID


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA