ANALISIS TOKOH DALAM CERPEN MAJALAH BOBO TAHUN 2016

Neneng Sri Wulan, Nenden Sundari

Abstract


Tokoh merupakan salah satu unsur intrinsik yang penting dalam sebuah cerita. Tokoh pada cerita anak penting untuk dianalisis karena dari unsur tersebut pembaca (anak) dapat mengapresiasi beragam sifat dan sikap orang melalui tokoh di dalam cerita. Anak sebagai pembaca, akan mendapatkan pengalaman mengetahui atau bahkan mempelajari beragam sikap dan sifat positif, bahkan negatif, melalui cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penggambaran ciri khas fisik, psikis, pikiran, dan kultural tokoh pada cerpen anak dalam Majalah Bobo tahun 2016, (2) pengelompokan tokoh pada cerpen anak dalam Majalah Bobo tahun 2016, (3) jenis tokoh pada cerpen anak dalam Majalah Bobo tahun 2016; (4) teknik penghadiran tokoh  pada cerpen anak dalam Majalah Bobo tahun 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah content analisys, dengan sumber data berupa tujuh cerpen pada majalah Bobo edisi tahun 2016. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 3 cerpen yang hanya menggambarkan ciri psikis saja dari tokoh-tokoh yang dihadirkan. Terdapat 3 cerpen yang menggambarkan ciri khas pikiran tokohnya, namun itu pun hanya satu tokoh untuk setiap cerita. Terdapat satu cerita yang menggambarkan ciri khas kultur tokoh-tokohnya. Di dalam cerpen majalah Bobo yang diteliti, terdapat tokoh protagonis dalam semua cerita, tidak ada tokoh antagonis pada semua cerita, terdapat tokoh tritagonis dalam semua cerita, dan terdapat peran pembantu dalam semua cerita. Sumber konflik berasal dari tokoh protagonis, yaitu konflik batin/ pikiran ketika menghadapi suatu permasalahan. Jenis tokoh dalam semua cerpen majalah Bobo yang diteliti adalah 1) berdasarkan  realitas sejarah menampilkan tokoh rekaan, 2) berdasarkan wujudnya menampilkan tokoh manusia. Teknik penghadiran tokoh yang digunakan dalam semua cerpen adalah teknik langsung/showing. Karakterisasi yang dimunculkan dalam semua cerpen adalah penggunaan nama tokoh dan tuturan pengarang. Tidak ada cerpen yang memunculkan karakterisasi melalui penampilan tokoh.


Full Text:

PDF

References


Budi Arifina. (2017). Majalah Anak-anak, Masa Lalu yang selalu Dirindu. [online]. tersedia: www.goodnewsfromIndonesia.id/2017/01/20/majalah-anak-anak-masa-lalu-yang-selalu-dirindu. Diakses: April 2017.

Fraenkel, J.R & Wallen, N.E (2008). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Harymawan. (1988). Dramaturgi. Bandung: CV Rosda.

Minderop, Albertine. (2013). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh

Kasus. Jakarta: Obor.

Nurgiyantoro, Burhan. (2005). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak.

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sarumpaet, Riris K. Toha. (2010). Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta:

Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sayuti, Suminto.(2000). Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA