ALIH KODE DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN DI TINGKAT SEKOLAH DASAR (MI ASHABUL MAIMANAH SIDAYU)

Sa’diyah Sa’diyah

Abstract


Penelitian ini membahas alih kode dalam interaksi pembelajaran di MI Ashabul Maimanah, Sidayu dengan guru dan siswa sebagai responden penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif  kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan dan perekaman langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alih kode terjadi pada situasional dan metaforikal. Berdasarkan perspektif gramatikal, alih kode terjadi pada tipe inter-sentential, intra-sentential, single word, dan extra-sentential/emblematic/tag. Berdasarkan amanat wacana, alih kode terjadi pada situasi menyatakan, mempertanyakan, dan memerintah. Penulis juga menemukan enam penyebab alih kode yang dilakukan oleh guru dan siswa.


Full Text:

PDF

References


Appel, R & Muysken. 2005. Language Contact and Bilinguality. Amsterdam: Amsterdam University Press

Auer, P. 1999. Code-Switching in Conversation. New York: Routledge Taylor and Prancis Group.

Gardner-chloros, P. 2009. Code-Switching. Cambridge: Cambridge University Press.

Holmes, J. 2013. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Routledge Taylor and Prancis Group.

Suhardi dan Sembiring. 2009. Aspek Sosial Bahasa.

In Kushartanti, Untung, Y dan Multamia. Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik. (50—51). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, H. 1999. Tata Wacana Deskriptif Bahasa Indonesia. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas indoesia.

Moleong, L. J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muysken, P. 2011. Code-Switching. In Mesthrie, R. The Cambridge Handbook of Sociolinguistics. (301—315). Cambridge: Cambridge University Press.

-----. 2000. Bilingual Speech A Typology of Code Mixing. Cambridge: Cambridge University Press.

Nababan. 1986. Sosiolinguistik. Jakarta: Gramedia

Santrock, J. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA