ANALISIS KELISTRIKAN PASTA ELEKTROLIT LIMBAH KULIT DURIAN (DURIO ZIBETHINUS) SEBAGAI BIO BATERAI

Khairiah Khairiah, Rita Destini

Abstract


Kebutuhan akan sumber energi saat ini semakin meningkat. Untuk itu perlu ditingkatkan pencarian sumber energi alternatif lain. Energi alternatif tersebut selain merupakan energi yang ramah lingkungan merupakan energi yang dapat diperbaharui melalui pemanfaatan limbah organik seperti sayur-sayuran dan buah- buahan.Dalam penelitian ini limbah buah yang digunakan adalah limbah kulit dari buah durian. Durian (Durio zibethinus) yang dijuluki The King of Fruit merupakan salah satu buah cukup popular di Indonesia. Kulit Durian memiliki kandungan zat Kalium Natrium Mangan Asam Folat tinggi yang bisa digunakan untuk mengalirkan ion positif dan negatif. Kandungan zat inilah yang kemudian menciptakan aliran listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan dan eksperimen. Hasil yang diperoleh dari pengukuran tegangan dan arus bio-baterai ditabelkan dan dianalisa, kemudian dibuat grafik tegangan dan arus pada bio-baterai dibuat dengan menggunakan Microsoft Excel 2010. Hasil Penelitian Limbah kulit durian berpotensi dan dapat digunakan sebagai biobaterai yang ramah lingkunganTegangan listrik yang dihasilkan oleh pasta elektrolit limbah kulit durian bertambah seiring ditambahnya konsentrasi campurannya.Begitu juga dengan arus listriknya, didapat pula perbandingan yang ideal dengan konsentrasi campurannya.Untuk perbandingan tegangan dan arus listriknya dimana arus listrik dan tegangan berbanding lurus ditandai dengan grafik yang garis lurus dan berimpit.Hal ini memperlihatkan jika tegangan listrik naik maka arus listrik juga naik.


Full Text:

PDF

References


A. S. Al-Ghamdi and F. Al Marzouki. 2012. Green Energy : Electric Batteries from Food , Saudi Arabia, Physics Department, Faculty of Science.

Achmad.H. , 2006, Penuntun Belajar Kimia TPB II; Elektro Kimia, Departemen Kimia FMIPA – ITB, Bandung.

Adityawan, Eki. 2010. Studi Karakteristik Pencatuan Panel surya Terhadap Kapasitas Sistem Penyimpanan Energi Baterai, FT UI.

Alaudina. H. N. 2012. Let’s Fly Around The World With King Fruit, APEC Youth Scientist Journal 3: 34-47

Jayashantha, N., Jayasuriya, K.D., dan Wijesundera, R.P. 2012.Biodegradable Plantain Pith for Galvanic Cells.Srilangka. Proceedings of the Technical Sessions(28) :92-99.

Kartawidjaja,M.,Abdurrocman,A.,danRumeksa,E.2011.PencarianParameterBio-Baterai Asam Sitrat (C6H8O7).Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi-II :105-115.

Kuswandi. B, et all. 2011. Pemanfaatan Baterai Bekas Sebagai Elektroda Konduktansi Sederhana. Jurnal Ilmu Dasar, Vol.2 No.1 : 34-40. Jember :

Amonium Nitrat. Skripsi. Departemen Teknologi Hasil Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.IPB

Sucipto. 2007. Energi Listrik Kulit Pisang. Diakses melalui http://Sucipto.ac.id/energilistriktenagapisang/ [diakses 4 Agustus 2016].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA