DESIGNING ENGLISH CLASSROOM METHOD BASED ON STUDENTS’ LEARNING STYLE

Eka Indah Nuraini

Abstract


Siswa memiliki pilihan – pilihan yang berbeda dalam cara mereka memperoleh dan memproses informasi yang kemudian bisa dikatakan bahwa mereka memiliki gaya belajar yang berbeda. Gaya belajar tersebut terdiri dari visual (V), auditori (A), and kinestatik (K). Karena siswa berbeda dalam cara belajar, guru butuh mengaplikasikan cara yang berbeda dalam proses pengajaran dengan memperhatikan perbedaaan-perbedaan cara belajar sswa. Memahami gaya belajar siswa merupakan pertimbangan yang penting dalam merancang metode pengajaran Bahasa Inggris. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meneliti gaya belajar siswa dan menyarankan metode yang paling baik untuk proses pengajaran dan pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Peneliti menggunakan questioner VAK kepada siswa kelas 12 di MA. Walisongo Putri, Ngabar; 20 siswa diminta untuk melengkapi questioner. Tanggapan dari questioner menunjukkan gaya belajar siswa. Sebagian besar siswa merupakan siswa dengan gaya belajar visual (35%). Sisanya merupakan siswa Auditory (15%), 20% merupakan siswa kinetetik, dan 5% Visual –audio. Siswa Visual-Kinetetik dan Audio-Kinestetik jumlahnya sama, masing-masing 10%. Sisanya 5% merupakan siswa VAK. Berdasarkan hasil dari penelitian, para guru butuh menyesuaikan perbedaan gaya belajar dan mengembangkan metode yang sesuai di dalam aktifitas kelas. 


Full Text:

PDF

References


Barbe, W. B., & Milone, M. N. (1981). What we know about modality strengths. Educational Leadership, 38 (5), 378-380.

Brown, H. Douglas. 2004. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. London: Longman.

Cohen, Andrew D. & Dorney, Zalton. 2004. Focus on the Language Learner: Motivation, Styles, and Strategies. In Schmitt, Nobert. 2004. Introduction to Applied Linguistics. London: Arnold.

Claxon, C. S. and Murrell, P. H. (1987). Learning Styles: Implications for Improving Educational Practices. ASHE-ERIC Higher Education Report No. 4. Washington D.C.: Association for the Study of Higher Education.

Dessy, Andhita. 2012. Penelitian Pendidikan: Suatu Pendekatan Praktik dengan Menggunakan SPSS. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press.

Dunn, R., & Dunn, K. (1978). Teaching Students through their Individual Learning Styles. A Practical Approach. Prentice Hall, Reston, VA., ISBN: 10: 0879098082, 336.

Fauziati, Endang. 2015. Teaching English as a Foreign Language: Principle and Practice. Surakarata: Era Pustaka Utama.

Gilakjani, Abbas Pourhussein. 2012. Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Styles and Their Impacts on English Language Teaching. Macrothink Institute: Journal of Studies in Education, 2(1), February 2012.

Pashler, H., at. al. 2009. Learning Style: Concepts and Evidence. Volume 9- Number 3. University of California, San Diego.

Peacock, M. (1998). Exploring the gap between teachers' and learners' beliefs about "useful" activities for EFL. International Journal of Applied Linguistics, 8/2: 233-250.

R.M. Felder and E.R. Henriques, "Learning and Teaching Styles in Foreign and Second Language Education," Foreign Language Annals, 28(1), 21-31 (1995). Application of the F-S learning style model to language education.

R.M. Felder, "Matters of Style." ASEE Prism, 6(4), 18-23 (December 1996). Principles and applications of four learning style models (Felder-Silverman, Kolb, and models based on the Myers-Briggs Type Indicator and the Herrmann Brain Dominance Instrument).

Surjono, Herman Dwi. 2011. The Design of Adaptive E-Learning System based on Student’s Learning Styles. Electronics Education Department. Yogyakarta: Yogyakarta State University. International Journal of Computer Science and Information Technologies (IJCSIT), 2(5), 2011, 2350-2353.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA