AKTUALISASI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA DERADIKALISASI MAHASISWA

Hilal Ramdhani, Nika Nur Aliantika

Abstract


Eksistensi suatu bangsa agar menjadi bangsa yang unggul sangat ditentukan dari karakter warga negaranya, karena karakter akan membuat tujuan negara dapat dicapai dalam waktu yang cepat atau lambat. Saat ini yang menjadi ancaman bagi keberlangsungan kehidupan bermasyarat, berbangsa dan bernegara ialah pemikiran radikalisme yang ingin merubah tatanan kenegaraan secara cepat yang bersifat inkonstitutional, pemikiran radikalisme saat ini sudah memasuki dunia kampus dan menyasar mahasiswa sebagai tujuan utama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, tujuan dari penggunaan metode studi kasus yaitu untuk mengetahui pola-pola yang dilakukan oleh perguruan tinggi untuk menerapkan kegiatan deradikalisasi bagi mahasiswa, sehingga terdapat hasil yang akan menjelaskan kegiatan deradikalisasi yang dilakukan oleh perguruan tinggi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) kegiatan deradikalisasi yang dilakukan oleh perguruan tigggi dilaksanakan oleh unsur pimpinan perguruan tinggi, unsur pelaksana pembelajar dan unsur mahasiswa, 2) pendekatan deradikalisasi yang dilakukan perguruan tinggi mencakup pendekatan keagamaan, kenegaraan, keamanan dan kesejahteraan, 3) metode deradikalisasi yang dilakukan perguruan tinggi berupa pembelajaran diruang kelas, studi langsung masyarakar, seminar, diskusi dan pelatihan, 4) hasil yang diperoleh dari kegiatan deradikalisasi yang dilakukan oleh perguruan tinggi berupa pengembangan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP