PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS SAINS, TEKNOLOGI, TEKNIK DAN MATEMATIKA (STEM) PADA ANAK USIA DINI: KAJIAN LITERATUR TERHADAP PANDANGAN ABAD 21
Abstract
Sains, teknologi, Teknik dan matematika telah menjadi isu penting dalam Pendidikan saat ini.
Pendidikan yang tidak memadai dalam matematika dan sains telah menyebabkan kekurangan tenaga
kerja berkualitas sehingga mengakibatkan kesenjangan dibidang industri global (Cooney & Bottoms,
2003). Meningkatknya jumlah pekerja di bidang sektor ekonomi, sains dan Teknik menyebabkan
kebutuhan latar belakang Pendidikan dalam bidang Sains, teknologi, Teknik dan matematika
(Carnevale, smith, Melton, 2011). Tujuan dalam kajian literatur ini untuk menguji beberapa hasil
penelitian yang telah membahas tentang kesiapan guru dalam pembelajaran Sains Teknologi, Teknik,
dan Matematika, dengan fokus pada mengkaji beberapa hasil penelitan yang telah dilakukan terbaru
hingga publikasi terlama sehingga bisa mendapat gambaran secara jelas. Pengalaman mengajar guru
dan kesadaran mereka akan pentingnya Sains, teknologi, Teknik dan matematika dan potensi
tantangan dalam pembelajaran sains, teknologi, teknik dan matematika memainkan peran yang
berbeda dalam klasifikasi guru ke dalam kelas laten. Selain itu, dari hasil wawancara yang dilakukan
mengungkapkan beberapa tema dalam pendapat guru PAUD tentang sains, teknologi, Teknik, dan
Pendidikan matematika anak usia dini. Temuan studi mendukung perlunya praktik pengembangan
professional yang akan meningkatkan pemahaman guru tentang pentingnya sains, teknologi, teknik
dan matematika terdahap anak usia dini
Pendidikan yang tidak memadai dalam matematika dan sains telah menyebabkan kekurangan tenaga
kerja berkualitas sehingga mengakibatkan kesenjangan dibidang industri global (Cooney & Bottoms,
2003). Meningkatknya jumlah pekerja di bidang sektor ekonomi, sains dan Teknik menyebabkan
kebutuhan latar belakang Pendidikan dalam bidang Sains, teknologi, Teknik dan matematika
(Carnevale, smith, Melton, 2011). Tujuan dalam kajian literatur ini untuk menguji beberapa hasil
penelitian yang telah membahas tentang kesiapan guru dalam pembelajaran Sains Teknologi, Teknik,
dan Matematika, dengan fokus pada mengkaji beberapa hasil penelitan yang telah dilakukan terbaru
hingga publikasi terlama sehingga bisa mendapat gambaran secara jelas. Pengalaman mengajar guru
dan kesadaran mereka akan pentingnya Sains, teknologi, Teknik dan matematika dan potensi
tantangan dalam pembelajaran sains, teknologi, teknik dan matematika memainkan peran yang
berbeda dalam klasifikasi guru ke dalam kelas laten. Selain itu, dari hasil wawancara yang dilakukan
mengungkapkan beberapa tema dalam pendapat guru PAUD tentang sains, teknologi, Teknik, dan
Pendidikan matematika anak usia dini. Temuan studi mendukung perlunya praktik pengembangan
professional yang akan meningkatkan pemahaman guru tentang pentingnya sains, teknologi, teknik
dan matematika terdahap anak usia dini
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP