PENGGUNAAN MEDIA VISUAL, AUDITIF, DAN KINESTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Dewi Hildayah

Abstract


Penggunaan media pembelajaran agar bisa diharapkan untuk membangkitkan giat belajar siswa, agar bisa lebih menyerap pemahaman apa yang ia pikirkan. Serta dengan adanya penggunaan media didalam pembelajaran akan lebih menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk bisa berkonsentrasi dalam materi yang disampaikan dalam pembelajaran. Sehingga siswa lebih mudah mengingat hasil informasi dari pembelajaran apa yang disampaikan gurunya. Dalam penyesuaian nya terhadap gaya belajar siswa ini merupakan tercapainya suatu pembelajaran. Siswa mempunyai tiga karakter belajar yang harus diketahui oleh pendidik, beberapa diantaranya dengan karakter belajar visual, auditif, dan kinestik. Gaya belajar dengan visual itu sifatnya cenderung dengan media gambar, bagi yang menggunakan pembelajaran ini sangat penting menggunakan penglihatan. Sedangkan auditif cenderung menggunakan gaya belajar dengan cara pendengaran/Audio untuk mencapai pembelajaran. Ini bersifat eksternal menggunakan dengan mengeluarkan suara sedangkan yang bersifat internal harus memerlukan yang tenang hening sebelum mempelajari sesuatu. Sedangkan kinestik gaya pembelajaran dengan melalui gerakan-gerakan untuk menyerap informasi ke dalam otak pikirannya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP