GURU BIMBINGAN DAN KONSELING BERKUALITAS DI ERA REVOLUSI 4.0 : PEMBELAJAR, KOMPETEN, DAN UP TO DATE
Abstract
Makalah ini bertujuan menjabarkan posisi guru bimbingan dan konseling di tengah perkembangan era revolusi 4.0 yang menuntut agar guru bimbingan dan konseling menjadi pribadi pembelajar, kompeten, dan up to date. Studi literatur ini menemukan bahwa guru bimbingan dan konseling perlu semakin meningkatkan kapasitas dirinya agar dapat menjadi sosok yang berkualitas dan peka terhadap perkembangan zaman. Guru bimbingan dan konseling yang berkualitas akan dapat memberikan pelayanan dan unjuk kinerja secara optimal. Salah satu aspek yang hendaknya menjadi perhatian guru bimbingan dan konseling untuk dikembangkan di era revolusi 4.0 adalah menjadi pembelajar, kompeten, dan up to date khususnya pada bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP