DAMPAK SERTIFIKASI DOSEN TERHADAP PENINGKATAN MUTU LULUSAN DAN PROSES PEMBELAJARAN PADA PERGURUAN TINGGI: SEBUAH PROPOSAL PENELITIAN

Posma Sariguna Johnson Kennedy, Suzanna Josephine L. Tobing, Adolf Bastian Heatubun

Abstract


Paper ini berbentuk proposal penelitian untuk melihat dampak sertifikasi dosen terhadap peningkatan mutu lulusan dan proses pembelajaran pada perguruan tinggi, khususnya Perguruan Tinggi Swasta di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan meninjau berbagai literatur. Untuk mendukung profesionalisme dosen guna mewujudkan tujuan pendidikan nasional sebagaimana diamanatkan, pemerintah telah menjalankan program sertifikasi dosen sejak tahun 2007 hingga sekarang. Harapan pemerintah dari pelaksanaan program tersebut adalah tercapai peningkatan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, peningkatan kualitas lulusan dan pemanfaatkan iptek dalam masyarakat. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti bagaimana peningkatan kualitas lulusan sebagaimana yang diharapkan, dan bagaimana dampak pelaksanaan program tersebut terhadap peningkatan kualitas profesionalisme dosen. Secara umum hasil temuan dalam penelitian ini dapat berkontribusi pada upaya pencapaian standar kualitas pendidikan tinggi pada Perguruan Tinggi Swasta sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi yang diamanatkan oleh  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP