PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO UNTUK SISWA JURUSAN IPS TINGKAT SMA SE-BANTEN

Izqy Yuan Andari

Abstract


Abstrak

Hakikat pemilihan media pembelajaran berdasarkan kriteria terentu agar mencapai tujuan pembelajaran. Karena media pembelajaran yang tepat ialah ketika dapat merangsang dan melibatkan peserta didik agar kreatif, aktif, dan tercipta pembelajaran yang menyenangkan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran.. Menurut Munir (2012: 289), “Video adalah teknologi penangkapan, perekaman, pengolahan, dan penyimpanan, pemindahan, dan perekonstruksian urutan gambar diam dengan menyajikan adegan-adegan dalam gerak secara elektronik”. Penggunaan Media video bertujuan untuk meningkatkan gairah belajar siswa dan meningkatkan kemampuan konsentrasi siswa. Penggunaan media video sendiri untuk menghemat waktu penjabaran materi dari guru, agar bisa dipahami oleh siswa lebih mudah. Menurut (Kustandi dan Bambang 2013: 107) mengatakan “Media audio visual memiliki sifat yang menarik dan memotivasi siswa untuk mempelajari materi lebih banyak, materi yang disajikan dalam audio visual dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan mendengar dan mengevaluasi apa yang telah disaksikan/didengar”.

Kata kunci : Media pembelajaran, media pendidikan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP