ANALISIS PENGETAHUAN DEKLARATIF SISWA MELALUI TES BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA KONSEP SISTEM SIRKULASI DI KELAS XI MAN 2 KOTA SERANG

Nida Fitria, Mila Ermila Hendriyani, Ika Rifqiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengetahuan deklaratif siswa melalui tes berpikir tingkat tinggi. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIA di MA Negeri 2 Kota Serang, dengan sampel kelas XI MIA 1 berjumlah 27 orang, yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan berupa kemampu deklaratif yang diukur dengan menggunakan soal uraian berpikir tingkat tinggi dan lembar wawancara. Analisis data dilakukan dengan menginterpretasikan perolehan persentase nilai siswa setelah mengerjakan soal. Hasil analisis data menunjukan kategori pengetahuan deklaratif memperoleh persentase penguasaan 47,22% yang  termasuk dalam kriteria cukup. Hal ini berarti, pengetahuan ddeklaratif siswa perlu lebih dilatihkan.

 

Kata kunci : berpikir tingkat tinggi, pengetahuan deklaratif, metakognitif, sistem sirkulasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP