VIRTUAL ASSESMENT: PENILAIAN AFEKTIF SISWA PADA KURIKLUM 2013 MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE FORMS

Yustiandi Yustiandi, Duden Saepuzaman

Abstract


Penelitian berjudul “Virtual Assesment: Penilaian Afektif Siswa Pada Kuriklum 2013 Menggunakan Aplikasi Google Forms” merupakan penelitian yang bersifat deskriptif analitik. Yang menjadi subjek penelitian adalah 20 siswa kelas XI IPA 1 SMAN Cahaya Madani Banten Boarding School. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya melaksanakan penilaian afektif siswa. Berbagai masalah muncul ketika hendak melaksanakan penilaian afektif, diantaranya membutuhkan banyak kertas, menghabiskan waktu yang banyak, sehingga pada akhirnya penilaian afektif cenderung bersifat subjektif. Penellitian ini bertujuan untuk menghasilkan teknik penilaian afektif yang mudah, efektif dan objektif. Penilaian afektif menggunakan aplikasi google forms merupakan teknik baru dalam melaksanakan penilaian afektif yang menggunakan teknologi informasi sehingga teknik penilaian ini mampu mengatasi masalah – masalah di atas. Penilaian afektif yang dihasilkan menjadi mudah, efektif dan objektif

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (1995). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar : Yogyakarta

Depdiknas (2003).Sistem Pendidikan Nasional.Undang-undang no 20 tahun 2003. Jakarta

Depdiknas.(2008). Pengembangan Perangkat Penilaian Afektif. Direktorat jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Atas. Jakarta

Roslinda, Nani (2013). Pelaksanaan Kurikulum 2013 dan Kendala. [Online]. Tersedia: http://edukasi.kompasiana.com/2013/11/30/pelaksanaan-kurikulum-2013-dan-kendala-615487.html. [05 Februari 2016]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA