PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Nilam Apriani, Kristiana Maryani

Abstract


Pendekatan pembelajaran dalam penelitian ini digunakan untuk membangun pengetahuan dan keterampilan khususnya pemecahan masalah dalam pengenalan matematika kepada anak dengan mengaitkan benda benda disekitarnya dalam proses pembelajaran dilakukan sambil bermain yang membuat pembelajaran menjadi tidak membosankan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif (survey). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan analisis korelasi antara pendekatan realistic mathematics education (RME) dengan kemampuan pemecahan masalah, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,661 yang menunjukkan adanya pengaruh antara pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah. Hasil uji korelasi sebesar 0,661 yang berarti memiliki tingkat hubungan yang cukup berarti dan pada hasil perolehan nilai t hitung dengan nilai 4,662> t tabel 2,048 dan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000> 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti berdasarkan hasil penelitian, dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 5-6 tahun di kecamatan Serang.

 

Kata Kunci : pendekatan realistic mathematics education, RME, pemecahan masalah


Full Text:

PDF

References


Asfar, I. T., & Nur, S. (2018). Model Pembelajaran PPS (Problm Posing & Solving). Kab. Sukabumi: CV Jejak.

Asmawati, L. (2017). Konsep Pembelajaran AUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik Teori, Pengembangan dan Implementasinya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kriyantono, R. (2012). Teknik dan Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Lestari, P. I., & Prima, E. (2018). Permainan Congklak Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding, SINTESA, (November), 539–546. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36002/snts.v0i0.525.

Rosidah, L. (2016). Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Serang:

FKIP UNTIRTA Publishing

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183–193. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/download/2718/2268

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP