PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ONLINE (DARING) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNK ELEKTRO UNTIRTA DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pandemi covid-19 menjadi kendala bagi semua kalangan di dunia dan ini juga merupakan krisis kesehatan bagi manusia. Dalam dunia pendidikan, pandemi covid 19 juga memberikan dampak yang luar biasa. Banyak sekolah di dunia ditutup untuk menghentikan penyebaran covid-19, berdasarkan laporan oleh ABC news pada tangga 7 maret 2020, puluhan negara menutup sekolah demi mencegah penyebaran virus. Seridaknya 290,5 juta peserta didik di seluruh dunia menjadi terganggu aktivitas belajarnya karena sekolah ditutup. Pengajar dan peserta didik akan terbiasa melakukan interaksi pembelajaran jarak jauh. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menerapkan kebijakan WFH (Work From Home) untuk dosen/karyawan, dan belajar dari rumah untuk mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara deskripsi dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Elektro Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang-Banten. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan informan terdiri dari dosen dan mahasiswa di Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Elektro. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 yang dilakukan di jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Elektro menggunakan model daring dengan aplikasi berupa: SPADA UNTIRTA, Vclass, google meet, zoom, whatsapp, telegram, google classroom, youtube, facebook, dan messenger. Pelaksanaan pembelajaran daring berjalan dengan lancar, walaupun dirasakan kurang efektif. Hasil belajar mahasiswa bervariasi, mulai dari kurang memuaskan, cukup hingga baik. Kendala yang dihadapi mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran daring antara lain: ketersediaan kuota internet, jaringan yang tidak stabil, dan alat penunjang seperti gawai dan laptop. Pembelajaran daring dinilai lebih efektif jika diterapkan pada masa pandemi covid-19 namun diperlukan model yang lebih variatif agar tetap menarik jika digunakan dalam jangka panjang. Pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen di Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro hampir semuanya menggunakan google meet untuk jadikan sebagai pembelajaran daring.
Kata kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Google Meet, Online
Full Text:
PDFReferences
Adit, A. (2020). 12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud, Gratis!. https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajarandaring-kerjasama-kemendikbudgratis?page=all. Diakses 28 April 2020.
Ali, S & Afreni, H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi ISSN 2580-0922 (online), ISSN 2460-2612 (print) Volume 6, Nomor 02, Tahun 2020, Hal. 214-224 Available online at: https://online-ournal.unja.ac.id/biodik.
Arizona, Kurniawan. et.all. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Volume 5 No 1 Mei 2020. (Online) Tersedia :https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/download/111/99.
Briliannur, D. C, Aisyah, A, Uswatun, H, Abdy, M. P, & Hidayatu, R. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Maha Guru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. E-ISSN: 2721-7957. Hal. 28-37.
CNN Indonesia. (n.d.-b). 65 Kampus Kuliah dari Rumah, Sultan Yogya Ragukan Efektivitas. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200316110707-20- 483756/65-kampus-kuliah-dari-rumah-sultan-yogya-ragukan-efektivitas.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
DOI: 10.29303/jipp.v5i1.111 (Diakses : 25 Juni 2020).
e.2020.02.001.
Ely, S. R. (2020). AKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA. Geography Science Education Journal (GEOSEE). Volume 1 Nomor 1 Bulan Juni Tahun 2020. Website; http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/index. Hal. 21-30.
Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan. Volume 1 No.1.
https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.puh
https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/13733.
Irawan, A. R. (2020). Kebijakan Pendidikan Di Era New Normal. Mahasiswa Pendidikan IPS,FKIP Universitas Lambung Mangkurat.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2014). Panduan Pengembangan dan Penyelenggaraan KDITT, Jakarta: Kemendikbud.
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41 –48.
Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging? Public Health, January, 19 –21.
Luh, D. H, Nurhasanah, Maria, E. Suban & Heru, K. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 22, No. 1, April 2020. Hal. 65-70.
Martins, M. de L. (2015). How to Effectively Integrate Technology in the Foreign Language Classroom for Learning and Collaboration. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 174, Halm. 77–84.
Mastura, & Rustan, S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 2, Agustus 2020. Hal. 289-295.
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).
Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). Qualitative Data Analysis Second Edition. SAGE Publications.
Molinda, M. (2005). Instructional Technology and Media for Learning New Jersey Colombus, Ohio.
Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal ELearning, Vol.5(3).1.
Oktafia, I. H. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). Volume 8, Nomor 3, 2020. E-ISSN: 23389621 Hal. 496-503.
Sabran & Sabara, E. (2018). Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran.Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar “Diseminasi Hasil Penelitian Melalui Optimalisasi Sinta dan Hak Kekayaan Intelektual”, 122-125.
Sari, IN. (2019). Pengaruh Penggunaan Google classroom terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Shulby, Y. A, Sabar, N, Darol, A, Widya, H, & Ferdiana. (2020). PELATIHAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat. ANOA, Sosial, Politik, Budaya, Hukum, Ekonomi. Vol. 1, No. 3, Hal. 220-226. Agustus 2020. Edisi Khusus Covid-19.
Sucilestari, R. & Arizona, K. (2018). Peningkatan Kecakapan Hidup melalui Pembelajaran Sains Berbasis Proyek. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. 436-441. http://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index. php/SemnasBIO/article/view/700
Sucilestari, R. & Arizona, K. (2018). Pengaruh Project Based Learning pada Matakuliah Elektronika Dasar terhadap Kecakapan Hidup Mahasiswa Prodi Tadris Fisika UIN Mataram. Konstan Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 3 (1), 26-35.https://jurnalkonstan.ac.id/index.php/jurnal/article/view/4. DOI: https://doi.org/10.20414/konstan.v3i
Syaharuddin, S. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19.
Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan Pasal 59 Ayat 3 (2020).
Wahyu, A. F. D. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1 April 2020 Halm 55-61.
WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) outbreak situation. (Online) Tersedia: https://Covid19.who.int/ (Diakses: 26 Juni 2020).
Zainal, A, Rumansyah, & Kurniawan, A. (2020). PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS PROYEK SALAH SATU SOLUSI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Volume 5, Nomor 1, Mei 2020. ISSN (Print): 2502-7069; ISSN (Online): 2620-8326. Hal. 64-70.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP