PEMBELAJARAN KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN TPACK (TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE) DI MASA PANDEMI (MAHASISWA BK SEMESTER 5 FKIP UNTIRTA)

Raudah Zaimah Dalimunthe

Abstract


Pembelajaran konseling individual selama ini praktik dengan tatap muka, saat pandemic perubahan pembelajarn secepatnya dirubah pembelajaran jarak jauh menggunakan fasilitas teknologi. Dosen merancang penggunaan TPACK menjadi keharusan untuk dirancang agar kompetensi mahasiswa untuk praktik konseling individual dapat tercapai. Tujuan penelitian mendeskripsikan persepsi mahasiswa tentang penggunaan TPACK pada pembelajaran konseling individual. Subjek penelitian mahasiswa yang mengikuti mata kuliah konseling individual semester 5 angkatan 2018 FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa berjumlah 47 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket, lembar penilaiaan, dan observasi. Hasil penelitian penggunaan video dalam memahami topik/konten materi yang akan dipelajari dalam pembelajaran konseling individual lebih dapat mudah dipahami dengan perolehan presentasi 74% di kategori memuaskan, topik isi materi memperoleh presentasi sebesar 50% di kategori memuaskan, sedangkan untuk pemahaman konten materi yang dijelaskan dosen presentasi sebesar 62% di kategori memuaskan. Terlihat dari aspek strategi pembelajaran yang digunakan dosen berada di kategori memuaskan perolehan presentasi 64%. Pembelajaran konseling individual dengan metode TPACK dalam komponen teknologi rerata berada di kategori memuaskan. Persepsi mahasiswa tentang penggunaan teknologi yang digunakan dosen berada di kategori memuaskan dengan perolehan presentasi 66%. Selanjutnya aspek sarana belajar berada di kategori memuaskan dengan presentasi 63%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikatakan mata kuliah praktik konseling individual menggunakan TPACK mencapai tujuan pembelajaran. Selanjutnya dapat diteruskan untuk melengkapi fasilitas fasilitas laboratorium agar pelaksanaan mata kuliah praktik konseling yang lain dapat dilaksanakan secara virtual.

 

Kata kunci: Konseling Individual, TPACK, Pandemi.

Full Text:

PDF

References


Akturk, A.O. & Ozturk, H.S. 2019. Teachers TPACK levels and students self-efficacy as predictors of students academic achievement. International Journal of Research in Education and Science, 5(1):283-294

Astatin, G.R. & Nurcahyo, H. 2016. Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis adobe flash untuk meningkatkan penguasaan kompetensi pada kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2):165-176

Chai, C.S., Koh, J.H.L., & Tsai, C.C. 2013. A review of technological pedagogical content knowledge. Educational Technology & Society, 16(2):31-51

CNNIndonesia. (n.d.-b). 65 Kampus Kuliah dari Rumah, Sultan Yogya Ragukan Efektivitas. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200316110707-20-

/65-kampus-kuliah-dari-rumah-sultan-yogya-ragukan-efektivitas

Desstya, A. 2018. Validitas reliabilitas instrument technologycal pedagogical content knowledge (TPACK) guru sekolah dasar muatan pelajaran IPA. Jurnal Basic of Education, 3(1):126-139

Ekayani, N.L.P. 2017. Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. artikel Jurusan PGSD, fakultas ilmu pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. (https://www.researchgate.net/profile/Putu_ Ekayani/ publication/315105651., diakses 17 Februari 2020).

Firman, Rahman,S.R . Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 .

Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Volume 02, No 02 Maret 2020 ISSN 2622-6197 (Online)

ISSN 2655-4402 (Cetak)

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. Vol. 19 Pages 18-26.

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) Vol. 8, No. 2, hlm. 203-217, 2020 214| JPSI Vol. 8, No. 2, hlm. 203-217, 2020

Kuo, et al. (2014). Interaction, Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses. Volume 20, pages 35-50

Malik, S., Rohendi, D., & Widiaty, I. 2018. technological pedagogical content knowledge (TPACK) with information and communication technology (ICT) integration: a literature review. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 299:498-503

Mishra dan Koehler.Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record Volume 108, Number 6, June 2006, pp. 1017–1054 Copyright r by Teachers College, Columbia University 0161-4681

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Nursamsu & Kusnafizal, T. 2017. Implementasi pembelajaran berbasis ICT (Information and communication technology) sebagai alat bantu komputer multimedia untuk meningkatkan kompetensi guru serta prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3):351-355

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. 2019. Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(1):9-15

Rahmadi, I.F., Hayati, E., & Nursyifa, A. 2020. Comparing pre-service civic education teachers’ TPACK confidence across course modes: insights for future teacher education programs. Research in Social Sciences and Technology, 5(2):113-133

Shulman, L. S. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Researcher, 15 (2), 4-14

Yandwiputra, A. R. (n.d.). Kuliah Jarak Jauh karena Virus Corona, UI: Bukan Lockdown. Retrieved from https://metro.tempo.co/read/1319537/kuliah-jarak-jauh-karena-virus-corona-ui-bukan-lockdown

Zhang, et al. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM.Vol. 47 No.5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP