ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI DISCORD DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19

Aditya Rakhmawan, Dase Erwin Juansah, Lukman Nulhakim, Lulu Tunjung Biru, Rt. Bai Rohimah, Dwi Indah Suryani, Mudmainah Vitasari, Vica Dian Aprelia Resti

Abstract


Pandemi covid-19 membawa masalah baru dalam dunia pendidikan, khususnya dalam menentukan aplikasi apa yang tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi salah satu aplikasi media sosial yaitu discord untuk digunakan di dalam pembelajaran secara daring di masa covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jumlah subjek penelitian sebanyak 118 orang mahasiswa jurusan pendidikan biologi angkatan 2020 yang mengikuti perkuliahan kimia dasar. Data diperoleh melalui observasi dan angket. Durasi waktu penelitian dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa yang mengalami kendala dalam menggunakan discord ini disebabkan masalah jaringan internet yang tidak stabil. Namun demikian, sebagian mahasiswa yang memiliki jaringan internet yang stabil merasa puas dalam menggunakan aplikasi discord dalam pembelajaran.

Kata kunci: discord, daring, covid-19

Full Text:

PDF

References


Absor, N. F. (2020). Pembelajaran Sejarah Abad 21: Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Chronologia: Journal of History Education, 2(1), 30-35. doi:http://dx.doi.org/ 10.22236/jhe.v2i1.5502

Buwono, S., & Dewantara, J. A. (2020). Hubungan Media Internet, Membaca, dan Menulis dalam Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(4), 1186-1193.

Dewantara, J. A., Efriani, & Afandi. (2020). Pemanfaatan aplikasi discord sebagai media pembelajaran online. Jurnal teknologi informasi dan pendidikan, 13(1), 61-65.

Kholisho, Y. N., & Marfuatun. (2020). Daya Serap Pelaksanaan Mata Kuliah Kependidikan DiTengah Pandemi Covid-19. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(1), 131-140.

Raihan, J. P., & Putri, Y. R. (2018). Pola komunikasi group discord PUBG.INDO.FUN melalui aplikasi discord. e-Proceeding of Management, 5(3), 4161-4169.

Wulanjani, A. N. (2018). DISCORD APPLICATION: Turning a Voice Chat Application for Gamers into a Virtual Listening Class. 2nd English Language and Literature International Conference (ELLiC) Proceedings. 2, hal. 115-119. Semarang: Unimus.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP