PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN MODEL KETERPADUAN PADA PEMBELAJARAN IPA

Dwi Indah Suryani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemahaman mahasiswa dalam mengembangkan model keterpaduan pada pembelajaran IPA. Model keterpaduan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu connected, shared, integrated, dan webbed berdasarkan kurikulum 2013 di SMP. Desain penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan pada 32 mahasiswa program studi Pendidikan IPA FKIP Untirta. Instrumen penelitian berupa soal tes yang dikembangkan dari konten pengembangan model keterpaduan pada pembelajaran IPA. Analisis data diperoleh dari skor soal tes yang telah dikerjakan. Hasil analisis penelitian ini berupa nilai yang menyatakan kategori pemahaman mahasiswa dalam mengembangkan model keterpaduan pada pembelajaran IPA berada pada kategori baik.

 

Kata Kunci : pemahaman mahasiswa, model keterpaduan, pembelajaran IPA.

Full Text:

Untitled

References


Asrizal., Amran, A., Festiyed., Sumarmin, R. (2018). The Development of Integrated Science Instructional Materials to Improve Students’ Digital Literacy in Scientific Approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 7 (4).

Ekapti, R.F. and Ahied, M. (2016). Konsepsi Siswa Smp Dalam Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Shared Konsep Tekanan. Seminar Nasional Pendidikan Sains ,147–154.

Hernawan, A. H., dan Resmini, N. (2005). Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka.

Padmono, Y. (2012). Pembelajaran Terpadu untuk Guru SD. Surakarta: Yuma Pustaka.

Prabowo. (2001). Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Terpadu dalam MenghadapiPerkembangan IPTEK Milenium III. Media Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, 24(6).

Riduwan. 2012. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Risma, M., Khair, Nyswatul dan Nafsih, N. Z. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Model Keterpaduan Tipe Webbed Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 6(1), pp 42-49.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surahman Oki Wiyono, Y. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Shared Pada Materi Molekul dan Perubahan Energi Dalam Metabolisme Tumbuhan Hijau Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Sains (Jps) e-Pensa, 1(1).35–41.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trisnowati, E. (2016). Model Keterpaduan Pembelajaran Sains dalam Kurikulum 2013. Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP