PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS BUDAYA BANTEN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SASTRA SISWA KELAS AWAL

Tatu Hilaliyah, Farid Ibnu Wahid

Abstract


Pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya literasi membaca sastra  di Sekolah Dasar harus ditunjang dengan media yang memadai. Hasil studi pendahuluan dikelas III SDN Gerem I Kota Cilegon, diketahui media pembelajaran membaca sastra masih terbatas. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media Big Book berbasis Kebudayaan Banten yang layak untuk pembelajaran siswa kelas III SDN Gerem I Kota Cilegon. Metode penelitian menggunakan research and development (R&D) dengan tiga fase, yang terdiri tahap pendefinisian, tahap perancangan dan tahap pengembangan. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli media, ahli bahasa, ahli materi dan siswa kelas III SD sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan kualitas media Big Book yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak dengan presentase 85.30% dari ahli media, 90% dari ahli bahasa dan 90.67% dari ahli materi. Respon siswa terhadap media Big Book berbasis kebudaya Banten pada uji coba dengan 38 responden sebesar 95.61% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media Big Book berbasis kebudayaan Banten untuk pembelajaran membaca sastra siswa kelas III Sekolah Dasar layak digunakan.

 

Kata kunci: Media Big Book, Budaya Banten, Literasi Membaca sastra.

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2008. Listening and Speaking: First Steps into Literacy.Manitoba Education, Citizenship and Youth Cataloguing in Publication Data.

Ahuja, Pramila dan Ahuja G.C. 2004. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Dalman, H. 2013. Keterampilan Membaca. Rajagrafindo Persada. Depok

Fisher, Douglas et al. 2008. Shared Readings: Modeling Comprehension, Vocabulary, Text Structures, and Text Features for Older Readers. International Reading Association, DOI:10.1598/RT.61.7.4, ISSN: 00340561 print / 1936-2714 online

Fountas, I., & Pinnell, G. (1996). Guided reading: Good first teaching for all children. Portsmouth, NH: Heinemann.

Grabe, William & Stoller, Fredericka I. 2002. Teaching and Researching Reading. Longman. Hongkong

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: DIVAPress.

Hall, Susan Colville. 2006. Using Big Books: A Standards-Based Instructional Approach for Foreign Language. Foreign Language Annals • Vol. 39, No. 3

Hartati, Tatat & Cuhariah, Yayah. 2015. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. UPI Press. Bandung

James O. Carey, Lou Carey, dan Waiter Dick, 2009, The Systematic Design of Instruction.New Jersey: Merrilis an imprint of pearson.

Maslelis. 2012. Just Another Edublogs.org site.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Riduwan. (2009). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

http://www.kompasiana.com/dedygunawanhutajulu/sekali-lagitentang-big-book_552b3ca96ea8341729552d00

Sadiman, A.S, dkk. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press

Subroto, A.G. dkk. (2016). Pemanfaatan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Sugihwaras. Jurnal IKIP PGRI Madiun Volume 3 Nomor 2 Halaman 49-54.

Smith, Frank. 1988. Understanding Reading.New Jersey: Laurence Erlbaum.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.

_______. (2013). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tarigan, H., G. (1995). Dasar-Dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa.

Tompkin, Gaile E. 1994.Teaching Writing: Balancing Process and Product. New York: Macmilan College Publishing Company.

Usaid Prioritas. 2014. Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK. www.prioritaspendidikan.org.

USAID PRIORITAS. 2014. Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK.www.prioritaspendidikan.org.

Uno, H. B. dan Mohamad, N. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Bandung: Kata Pena.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP