STRATEGI MENINGKATKAN DAN MEMPERTAHANKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI FKIP UNTIRTA

Subhan Widiansyah, Mochamad Naim, Vicky Ade Saputra

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan mendeskrisikan sebuah asumsi mengenai Strategi yang digunakan mahasiswa bidikmisi FKIP Untirta untuk meningkatkan dan mempertahankan prestasi belajar. Model penyelesaian masalah ini menggunakan teori Herbert Mead mengenai Tindakan Sosial.Metode penelitian menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 18 informan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kriteria Pemilihan Informan menggunakan purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya asumsi dari mahasiswa bidikmisi untuk meningkatkan dan mempertahankan prestasi belajaranya adalah dengan cara memfokuskan ke proses dan cara pembelajaran dan perkuliahan di kampus. Strategi yang dilakukan seperti serius belajar, aktif di organisasi, sering membaca di perpustakaan, mendekati dosen, diskusi, mencari sumber belajar di internet, membuat planning, membuat pola belajar, membuat mind mapping, kerja praktek, tugas dikerjakan, rajin masuk kelas, dan memenuhi absen.

Kata Kunci: Strategi, Prestasi Belajar, Mahasiswa Bidikmisi


References


A.M, Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif (sebuah upaya mendukung penggunaan penelitian kualitataif dalam berbagai disiplin ilmu). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ahmadi, Abu. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Bustamil. 2013. Penggunaan Beasiswa Bidik Misi Pada Mahasiswa FKIP Untan. Skripsi Penelitian, Pontianak: Universitas Tanjungpura

Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Baskoro, Agung. 2016. Efektivitas Program Bidikmisi di Universitas Negeri Yogyakarta.

Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Berlian Yuliani, Hasti. 2016. Manajemen Beasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Periode

-2015. Skripsi, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. Tidak Diterbitkan.

bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Denzin & Lincoln. 2011. Penelitian Kualititaif dan Desain Pnelitian Riset. Bandung: Alfabeta.

Fajrul, Ahmad. 2016. Mahasiswa Penerima beasiswa bidikmisi studi pada mahasiswa

program studi npendidikan sosiologi. 3(1). 1-5.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hartaji, D.A. 2012. Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan

Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Hermawan, Asep. (2005). Penelitian Bisnis Pragdigma Kuantitatif. Jakarta: Gramedia Sarana

Indonesia.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Terbaru. 2007. Jakarta. Pustaka Phoenix.

Moleong, J Lexy. 2017. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Offset.

Panduan Bidikmisi. 2012. Jakarta. Mendikbud Dikti.

Paramita.V.G. 2010. Studi Kasus Perbedaan Karateristik Mahasiswa di Universitas

‘X’Indonesi dengan mahasiswa ‘Y’ Australia. Journal of humanora. 1(2).630-640.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 tahun .2008. Tentang Pendanaan

Pendidikan. Jakarta : Depdikbud.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010.

Redja, Mudyahrdjo. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ritzer, George. 2014. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Satori, Djam’an & Komariah, Aan. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Santrock, J.W. 2013. Adolescense (Perkembangan Remaja). Terjemahan Jakarta: Penerbit

Erlangga.

Siswoyo. 2012. Ilmu Pendidikan . Yogyakarta : UNY Press.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami.

Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Syah, Muhibin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Takwin 2008. Pengertian Mahasiswa. Jurnal Pendidikan : Tidak diterbitkan.

Usvita, Nanda. 2017. Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah

FKIP Universitas Syiahkuala Yang Menerima Bidikmisi Dengan Mahasiswa NonBidikmisi. 2(2). 131-147.

UU No. 12 tahun .2012. Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Depdikbud.

UU No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Republik

Indonesia.

Yamin, Martinis. 2007. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Pesada

Press.

Yusuf, S. 2012. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung. Penerbit Usaha

Nasional: Rizki Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP