PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SIKAP DAN MORAL PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF WATAK KEWARGANEGARAAN (CIVIC DISPOSITION)
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sikap dan Moral Peserta Didik Dalam Perspektif Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Warunggunung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif dengan teknik Statistik Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMAN 1 Warunggunung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Random Sampling (Sampel secara acak). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Sikap dan Moral Peserta Didik Dalam Perspektif Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) adalah sebesar 33,4%. Dengan tingkat pengaruh berdasarkan nilai fhitung = 25,629 dengan tingkat disgnifikansi sebesar 0,000 < 0,005. Berdasarkan nilai t, diketahui nilai thitung 5,062 > ttabel 2,008, sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Sosial Instagram berpengaruh terhadap Sikap dan Moral Peserta Didik Dalam Perspektif Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara media sosial Instagram terhadap perubahan sikap dan moral peserta didik dalam perspektif watak kewarganegaraan (civic disposition).
Kata Kunci : Media Sosial Instagram, Sikap dan Moral, Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition)
Full Text:
PDFReferences
Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Polsel. Jakarta: Media Kita.
Fusnika. 2014. Pembinaan Civic Disposition Berbasis Nilai-Nilai Kemanusiaan Pada
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kota
Sukabumi. 23: 50-57.
Gerungan, WA. 2009. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Holmes, D. 2012. Teori Komunikasi: Media, Teknlogi dan Masyarakat. Yogyakarta:
Pustaka PelajarAzwar Ananda. 2012. Pendidikan kewarganegaraan (PKn) pendidikan
karakter bangsa dan strategi pembelajaran. Padang:UNP Press.
Jazim Hamidi dan Mustafa Lutfi. 2010. Civic Education. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama.
Purwanto, Ngalim. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ramadhanti, Tatia. 2016. Fenomena Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Personal
Branding Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Diponegoro.
Sabri, Alisuf. 2010. Psikologi Pendidikan berdasarkan Kurikulum Nasional. Jakarta :
Pedoman Ilmu Raya.
Selviana. 2016. Empati Dan Penggunaan Situs Jejaring Sosial Sebagai Faktor Dalam
Membentuk Moral Remaja. 3: 143-157.
Sudjana, Nana & Ibrahim. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar
Baru Algesindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP