PENGARUH LITERASI DIGITAL BERUPA FACEBOOK TERHADAP PSIKIS REMAJA ANAK USIA 13-17 TAHUN DIKABUPATEN SERANG

Lulu Tunjung Biru, Aditya Rakhmawan, Dwi Indah Suryani, Salsabila Hasna Nurhanifa, Nurdayanti Nurdayanti, Cahya Muliana Sari, Ashri Fathia, Adinda Khairunnisa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi digital berupa facebook terhadap psikis remaja anak usia 13-14 tahun di Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian atau Pengumpulan data dengan menyebarkan angket dengan menggunakan media google form. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP  dan SMA sebanyak 30 orang di kabupaten Serang. Hasil analisis penelitian ini berupa skor yaitu sebesar 1275  yang menyatakan bahwa literasi digital facebook cukup berpengaruh terhadap psikis anak (SMP dan SMA)  yang menyebabkan depresi bagi penggunanya dan menunjukan ketidakstabilan emosi reponden dalam menggunakan facebook.

 

Kata kunci: Literasi digital, psikis, facebook


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

APJII. (2017). Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Bawden. (2001). Information and digital literacies: a new of concepts. Journal of documentation.

Caniago, Junita Kahirani. (2013). Literasi Media dan Literasi Digital. (Diunduh tanggal 15 Februari 2020, pukul 14.10 WIB) http://junitakhairanicaniago.weebly.com/-uploads/1/8- /4/6/18468290/makalah literasi media digital.pdf.

Goleman, D. 2008. Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional, Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. Alih bahasa: T. Hermaya. Jakarta: P.T Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock. 1992. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga

Indriyana, Hasta. 2016. Mendorong Terciptanya Pembelajar Mandiri. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Generasi Cendekia dan Literat, di Fakultas Bahasa dan Seni Uiversitas Negeri Yogyakarta.

Jones & Hafner. 2012. Understanding Digital Literacies (A Practical Introduction). New York: Routledge.

Maulana, Murad. 2015. Definisi, Manfaat, dan Elemen Penting Literasi Digital. (Diunduh tanggal 15 Februari 2020, pukul 14.00 WIB) http://www.muradmaulana.com/-2015/12/definisi-manfaat-dan-elemen- penting-literasi-digital.html.

Kurnia. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Retnowati, Yuni. 2015. Urgensi Literasi Media untuk Remaja Sebagai Panduan Mengkritisi Media Sosial. (Diunduh tanggal 2 Februari 2020) Http://akindo.ac.id/downlot.php?file=13Urgensi%20Literasi%20Media%20untuk%20Remaja%20Sebagai%20Panduan%20Mengkritisi%20Media%20So sial.pdf.

Ryan, T., & Xenos, S. 2011. Who uses Facebook? An investigation into the relationship between Big Five, shyness, narcissism, loneloness, and Facebook usage. Computer in Human Behavior, 27, 1658 – 1664.

Suyono dan Haryanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

World Health Organization. 2012 Global tuberculosis report 2012. Geneva; WHO Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP