LAPORAN PRAKTIKUM MANDIRI DALAM BENTUK VIDEO PRESENTASI UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN KOMUNIKASI LISAN DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Tujuan dari gagasan tulisan ini adalah untuk memberikan gambaran pelaksanaan praktikum secara mandiri sebagai solusi terhambatnya kegiatan praktikum di laboratorium di masa pandemi covid-19. Kegiatan praktikum mandiri yang dirancang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan komunikasi lisan melalui laporan praktikum yang dikemas dalam sebuah video presentasi. Terlepas dari kasus pandemi covid-19, pembelajaran daring adalah suatu realita yang harus dihadapi seiring dengan perkembangan IPTEK/teknologi komunikasi. Kondisi pandemi mempercepat dan memaksa pelaksanaannya walaupun dengan serba keterbatasan. Efek pandemi dapat dirasakan hampir di semua bidang kehidupan. Di dunia pendidikan khususnya berimbas pada pelaksanaan proses pembelajaran yang harus dilaksanakan secara daring dan terhambatnya kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum secara mandiri dapat menjadi solusi bagi kondisi tersebut sekaligus sebagai proses yang bisa dirancang untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan komunikasi lisan. Praktikum sebagai kegiatan yang mengembangkan pengaplikasian keilmuan. Pelaksanaan praktikum dapat dilakukan dengan adanya pemilihan tema praktikum yang tepat, adanya kompetensi yang dapat dikembangkan dan sinergi evaluasi dengan konten praktikum yang dilakukan. Pembelajaran sebagai suatu proses komunikasi, biasanya hanya dalam bentuk presentasi. Namun, presentasi yang terjadi saat daring banyak terkendala oleh jaringan, sehingga presentasi diubah dalam bentuk video, selain itu dengan video dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Media video mempunyai potensi tinggi untuk membantu menyampaikan informasi dan meningkatkan kreativitas. Kemampuan komunikasi lisan dapat dilihat dari penggunaan bahasa, penguasaan isi, penguasaan teknik dan penampilan berbicara, sedangkan kemampuan kreativitas didasarkan atas kelancaran berpikir, keluwesan berpikir, elaborasi, dan originalitas.
Kata kunci: komunikasi lisan, kreativitas, laporan praktikum, video presentasi.
Full Text:
PDFReferences
Arizona, Kurniawan. et.all. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5 (1): 64-70.
Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran, Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.
Cecariyani, Shera Aske & Gregorius G. S. (2018). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten Youtube (Studi Kasus Konten prank Yudist Ardhana). Jurnal Prologia, 2 (2): 495-502.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Ichsan, I. Z., Rusdi & Nurmasari S. (2017). Hasil Belajar Sistem Saraf Menggunakan Film Pendek. Jurnal Pendidikan Biologi (Biosfer). 10 (2): 49-59
Hardjana, A. M. (2003). Komunikasi intrapersonal dan komunikasi interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.
Hasruddin dan Rezeqi, S. (2012). Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahannya di SMA Negeri SeKabupaten Karo. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9(1): 17-32.
Khamidah, N & Aprilia, N. (2014). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas XI SMA Se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II TahunAjaran 2013/2014. Jurnal JUPEMASI-PBIO, 1(1): 5-8.
Mahmud. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Marhaeni, Fajar. (2009). Ilmu komunikasi teori dan praktek. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).
Munandar, Utami. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Ningsih, D. A. P., Legowo, E., & Hidayat, R. R. (2017). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan Siswa sebagai Fungsi dari Teknik Instruksi Diri. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(3): 86-96.
Noviyanti, S. (2013). Penerapan Pembelajaran Missouri Mathematics Project pada Penerapan Kemampuan komunikasi Lisan Matematis Siswa Kelas VIII. Online: http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/archives/HASHf1de/c0fe599f.dir/doc.p df, diakses tanggal 20 November 2020.
Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1): 171-187.
Pertiwi, R.I. (2013). Persepsi Mahasiswa tentang Penyelenggaraan Praktikum pada Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 4(1): 45- 56.
Retnowati, Nova., Sudarti & Subiki. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Kurikulum 2013 terhadap Hasil Belajar dan Berfikir Kritis Siswa Kelas VII SMP di Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Fisika. 4(2): 128-134.
Ruslan, Rusadi. (2003). Metode penelitian public relations dan komunikasi. Jakarta: Grafindo Persada.
Sari, Z. O., & Erda A. S. (2016). Pentingnya Kreativitas dan Komunikasi pada Pendidikan Jasmani dan Dunia Olahraga. Jurnal Olah raga Prestasi, 12 (1): 97-110.
Sadiman, A.S. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Suharnan. (2005). Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.
Sumiatun, S. (2013). Analisis mutu pembelajaran praktikum kebidanan sebagai upaya peningkatan pencapaian kompetensi program studi diploma iii kebidanan stikes maharani malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(1): 78-93.
Tyaningsih, Ratna Yulis. (2016). Keterampilan Komunikasi Lisan Calon Guru Matematika Pada Mata Kuliah Proses Belajar Mengajar (MK PBM). Jurnal Math Educator Nusantara, 2(1): 55-66.
Warsita, Bambang. (2013). Kreativitas dalam Pengembangan Media Video/Televisi Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 13 (2): 85-99.
Widjaja. (2000). Ilmu Komunikasi. Jakarta: Bina Aksara.
Winardi (1991) Kreatifitas dan Teknik-Teknik Pemikiran Kreatif Dalam Bidang Manajemen. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Wiyanto. (2008). Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: UNNES Pres.
Zabidi, Ahmad. (2019). Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran PAI di SD Sekecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Inspirasi, 3(2): 128-144.
Zahrotunni’mah. (2020). Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona COVID-19 di Indonesia. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, 7(3): 247-260.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP