DIGITALISASI PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL

Nurul Anriani, Sholeh Hidayat, Yani Setiani

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh mahasiswa Doktor Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ini bertujuan untuk (1) meningkatkan proses pembelajaran dengan pemanfaatan Google form dan screencast oleh guru-guru di berbagai provinsi di Indonesia; (2) meningkatkan kemampuan guru-guru di berbagai provinsi di Indonesia dalam pemanfaatan software dalam mendesain pembelajaran. Setelah kegiatan pelatihan dilaksanakan monitoring atau evaluasi oleh panitia pelaksanaan untuk melihat dan mendampingi guru dalam membuat evaluasi ataupun daftar hadir dengan menggunakan google form, melakukan perekaman penyampaian materi dengaan screencast, dan membuat media pembelajaran dengan software seperti Quiziz, dan pawtoon. Metode pelatihan yang diberikan dengan melalui zoom, yaitu metode ceramah dan tanya jawab, serta demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa program pengabdian yang dilakukan dengan zoom berlangsung dengan baik dan lancar. Program ini mampu memberi pengetahuan dan keterampilan kepada guru dalam pemanfaatan google form dan screencast dan mampu meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran dengan software quiziz ataupun powtoon..

 

Kata Kunci: google form, screencast, pawtoon, quiziz


Full Text:

PDF

References


Hafsah, Rustamaji & Sriyono. (2012). Aplikasi Pencarian Android Package (APK) Berbasis Web dan Mobile Web dengan API. Jurnal Telematika, 9(1) 51-56.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/

Kartika Budi. 2001. Berbagai Strategi untuk Melibatkan Siswa Secara Aktif dalam Proses Pembelajaran Fisika di SMU, Efektivitasnya dan sikap Mereka pada Strategi Tersebut. USD: Widya Dharma Edisi April 2011

Putra, O. D., Darlius, & Harlin. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Interaktif Pada Mata Kuliah Sistem Pemindah Tenaga Di Program Studi Pendidikan Teknik Medin FKIP Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 4(1), 29–37. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. . (2013). Pengembangan E-modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 264–275. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/

Sugiyarti, L., Arif, A., & Jakarta, U. N. (2018). Pembelajaran abad 21 di sd, 439–444.

Warsita, Bambang. (2008).Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya, Jakarta: Rineka.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta:Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP