PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUKAN JURNAL ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI SMAN 1 PABUARAN (KONSEP SISTEM SIRKULASI)

Siti Hardianti, Mila Ermila Hendriyani, Ika Rifqiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantukan jurnal ilmiah terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dan desain penelitian menggunakan randomize control group pretest-pascatest design. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling,  yaitu siswa kelas XI MIA 2 dan kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Pabuaran tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes menggunakan soal kognitif berupa essay. Data tersebut dianalisis dengan pengujian non parametik statistik. Hasil penelitian menunjukan presentase rata-rata nilai kognitif siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, setelah dianalisis menggunakan SPSS Versi 20 uji Man Witney  menunjukan Asym.Sig 0.00<0.05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantukan jurnal ilmiah terhadap kemampuan kognitif siswa.

 

Kata Kunci: kemampuan kognitif, jurnal ilmiah, Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Abdurrozak, R., A.K. Jayadinata & I, Atun. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah 1 (1):874

Anderson, W. L. & D. R. Krathwohl. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Assesment Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terj. Dari A taxonomy for learning, teaching, and assessing: a revision of Bloom taxonomy of education objectives. Pustaka Pelajar, Yogyakarta: xxx + 434 hlm.

Asrul., Ananda, R & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Cipta Pustaka Media, Bandung: ix + 152 hlm

Aviana, R. & F. Hidayah. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pebelajaran Kimia Di SMA 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains 3 (1): 30-33

Christina, L.V & Kristin. F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Inverstigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading and Compisition (CIRC) dalam Meningkatkan Kreativitas Berfikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4.Salatiga: Jurnal Scholaria. 6 (3): 223

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media, Yogyakarta

Eli, R. N. (2016). Analisis Kemampuan Peserta didik Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Penjernihan Air. BIOSFER, J. Bio & Pend.Bio 1 (1) : 17

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing, Medan: 32 hlm.

Lasa. H. S. 2009. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Book Publisher

Lestari, K.E., & M.R. Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama, Bandung: xv + 366 hlm.

Majid, A. & C. Rochman. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya, Bandung: vi+231 hlm

Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi 4 (1): 130

Nuraini, F. (2015). Penggunaan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD. E-jurnal mitra pendidikan. 1 (4): 20

Priyatno, D. (2009). 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. ANDI, Yogyakarta: vii + 219 hlm. (halaman 26-27)

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta, Bandung : X+244 hlm. (halaman 23-25)

Sockalingam, N. & Schmidt, H. G. 2011. Characteristics of Problems for Problem-Based Learning: The Students Perspective. The Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. 5(1): 5-33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP