A REVIEW OF STUDENTS’ SELF-REGULATED WRITING STRATEGIES IN WRITING EXPOSITORY ESSAYS

Welliam Hamer

Abstract


Makalah ini dilakukan untuk mengkaji dan mendeskripsikan sebuah artikel di Jurnal Linguistik Terapan Indonesia (IJAL) yang tersedia online pada tanggal 31 Mei 2020 dengan judul “Self-Regulated Writing Strategies (SRW) Perguruan Tinggi Indonesia dalam Menulis Esai Eksposisi”. Penelitian ini melibatkan 45 mahasiswa yang telah lulus mata kuliah penulisan esai yang berfokus pada esai eksposisi. Data tentang penggunaan strategi SRW oleh siswa berasal dari Self-Regulated Learning Strategy Questionnaire (SRLSQ) yang diadopsi dari Abadikhah et al. (2018). Penggunaan strategi SRW oleh siswa dikategorikan menjadi enam dimensi: motif, metode, waktu, kinerja, lingkungan fisik, dan lingkungan sosial. Dari total jumlah responden, empat mahasiswa mahir dilibatkan dalam wawancara semi-terstruktur. Wawancara bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi SRW oleh siswa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi (PLEE) model siklus penulisan proses. Hasil analisis data angket menunjukkan bahwa siswa menggunakan keenam dimensi strategi SRW, dengan mean tertinggi untuk dimensi lingkungan sosial dan mean terendah untuk dimensi motif. Hasil analisis data wawancara menunjukkan bahwa siswa yang mahir juga menggunakan strategi SRW enam dimensi. Namun, mereka masih dominan menerapkan dimensi metode, kinerja, dan lingkungan sosial dari strategi SRW.

 

Kata-kata kunci: essay writing, Indonesian EFL students, self-regulated writing (SRW) strategies

Full Text:

PDF

References


Abadikhah, S., Aliyan, Z., & Talebi, S.H. (2018). EFL students’ attitudes towards self-regulated learning strategies in academic writing. Issues in Educational Research, 28(1), 1–17. http://www.iier.org.au/iier28/abadikhah.pdf

Kizilcec, R.F., Pérez-Sanagustin, M., & Maldonado, J.J. (2017). Self-regulated learning strategies predict learner behavior and goal attainment in Massive Open Online Courses. Computer & Education, 104, 18–33. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.10.001

Oxford, R.L. (1990). Language learning strategies: What every teacher should know. Newburry House Publishers.

Umamah, A, and Cahyono, B.Y. (2020). Indonesian university students’ self-regulated writing (SRW) strategies in writing expository essays. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(1), 25–35. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJAL/article/view/24958

Wiersma, W. and Jurs, S.G. 2009. Research methods in education (Ninth edition). Pearson Education, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP