MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA FLIP CHART

Atin Fatimah, Fifin Indrawati, Tri Cahyani Endah Yuniarti

Abstract


Perkembangan kemampuan menyimak anak hendaknya diupayakan sejak dini. Di TK Kemala Bhayangkari didapati kemampuan menyimak anak belum berkembang dengan optimal. begitu juga dalam hal memperhatikan, memahami dan menangkap isi pesan, pesan ucapan atau kata yang disampaikan oleh guru. Salah satu stimulasi kemampuan menyimak dapat diupayakan melalui menyampaikan materi pembelajaran menggunakan media flip chart. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang Banten melalui flip chart media. Subjek penelitian ini adalah anak TK B di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang Banten dengan jumlah sebanyak 15 anak yang terdiri dari 8 laki-laki dan 7 perempuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 8 kali tindakan dan berakhir pada Tindakan kedua di siklus II, dengan kriteria tindakan tindakan 70% yang telah dicapai. Entah data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan menyimak anak melalui Media Flip Chart yaitu pada Pra Penelitian sebesar 27%, Siklus I 51%, dan Siklus II sebesar 77%. Dengan kata lain, kemampuan menyimak anak dapat distimulasi melalui penggunaan media flipchart.

 

Kata Kunci: Menyimak, flipchart, media


Full Text:

PDF

References


Erlin, T. dan Fatimah, A. (2016) ‘Peningkatkan KemampuanBahasa Melalui Media Audio VisualPada Anak Kelompok A TK PGRI IISerang-Banten’, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), pp. 155–160

Fatimah, Atin. 2015. Sumber Belajar & Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP