PENGUATAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS PEMBELAJARAN DARING DI ERA DIGITAL 4.0

Ronni Juwandi

Abstract


Abstrak Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata kuliah dan mata pelajaran yang wajib dipelajari di institusi pendidikan menurut UU. Oleh karena itu, muatan materi dan konten pembelajaran PPKn mesti memperhatikan tujuan dan indicator pembelajaran yang sesuai dengan dinamika perkembangan zaman dan karakter peserta didik. Salah satu isu pokok yang senantiasa hadir dalam pembelajaran PPKn adalah wawasan kebangsaan di tengah derasnya arus digitalisasi. Hal inilah yang menjadi tantangan PPKn untuk dapat menginternalisasi semangat dan ruh patriotisme dan nasionalisme para founding fathers ke dalam jiwa peserta didik. Tidak sekedar memahami materi, namun lebih ke pengembangan nilai-nilai kebangsaan yang harus ditunjukkan oleh peserta didik. Pada era digital saat ini, wawasan kebangsaan menjadi hal pokok terutama dalam pembelajaran daring. Pembelajaran berbasis media digital menjadi peluang serta tantangan dalam mengembangkan wawasan kebangsaan bagi peserta didik. Era revolusi industry 4.0 telah mengubah system dan metode mengenai proses pembelajaran PPKn agar lebih efektif dan efisien agar tujuan utama dalam mengembangkan wawasan kebangsaan menjadi lebih optimal.

Kata-kata kunci: PPKn, wawasan kebangsaan, pembelajaran daring


Full Text:

PDF

References


Afrianto, "Being a Professional Teacher in the Era of Industrial Revolution 4.0: Opportunities,

Challenges, and Strategies for Innovative Classroom Practice," English Language Teachinf

and Research, vol. 2, no. 1, pp. 1-13, 2018.

Juwandi, Ronni. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan

Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi Dalam Perspektif Penguatan Literasi Digital Warga

Negara. E- Prosiding Seminar Nasional Virtual UNS Juli 2020

Liber Siagian, Ramsul Nababan, "Revolusi Pendidikan 4.0 dan Tantangan Proses Pembelajaran

PPKn Berbasis Karakter," in Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia, Medan,

Oktiansyah, Friskal. (2020). Pembelajaran Digital: Tantangan Bagi Guru Ppkn Di Era Revolusi

Industri 4.0. E- Prosiding Seminar Nasional Virtual UNS Juli 2020

V. Puncreobutr, "Education 4.0: New Challenge of Learning," St. Theresa Journal of Humanities

and Social Sciences, vol. 2, no. 2, pp. 92-97, 2016.

Sofyan, S. Fitria & Sanusi, R Aris. (2020). Urgensi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan

Berbasis Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. E- Prosiding Seminar

Nasional Virtual UNS Juli 2020

Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam

Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP