MUSIK ANGKLUNG SEBAGAI MEDIA TERAPI MOTORIK DAN KOGNITIF PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SKH 02 KOTA SERANG

Suhaya Suhaya, Alya Putri Suhaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan alat musik angklung sebagai terapi dalam menigkatkan motorik dan kognitif ABK di SKH 02 Kota Serang dengan menggunakan paradigma kualitatif dan metode deskriptif analisis. Teknik analisis data dilakukan secara triangulasi dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa alat musik tradisional Indonesia seperti Angklung dapat menjadi media terapi dengan jenis metode terapi aktif dalam upaya meningkatkan kecerdasan kognitif dan motorik anak berkebutuhan khusus yang terdiri dari 4 sampel dimana masing-masing sampel mewakili berbagai golongan ketunaan diantaranya: tunanetra, tunagrahita, tunadaksa, dan autis ringan.

 

Kata Kunci: Alat Musik Angklung, Terapi Musik, Anak Berkebutuhan Khusus.


Full Text:

PDF

References


Artan Ismihan & Balat, G.U. (2003). Recognition Of Musical Instruments By Children Between 4 and 6 Years Age And Research Concerning The Natural Sounds They Associate With Those Instruments. Contemporarry Issues In Early Childhood, 4 Number 3.

Auliya, P.D. (2014) Pembelajaran Musik Angklung Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri Gedangan Sidoarjo, Jurnal Pendidikan Sendratasik, Vol 3- Semester Genap 2014/2015.

Lwin, M. Dkk. (2015). How To Multiply Your Child’s Intellegence. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan (Edisi Indonesia). In Indeks, Yogyakarta. Indeks.

Miendlarzeska & Trost, W. (2014). How Musical Training Affect Cognitive Development: Rhtym, Reward And Other Modulating Variables. Frontiers In Neuroscience.

Milyartini, R. (2012) Peran Musik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Diffable= Different Abilities). Makalah Penelitian. Direktori File UPI. Available too: http:// file.upi.edu.; academia.edu.

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Rasyid, R. (2016). Panggung Mandala Untk Pendidikan Seni: Survey Laporan Kaori Iwai Dalam The Contibution Of Arts Education For Children Live’s. Jurnal Darul Ilmi, 152.

Turruqoyyah, I. (2017) Pelaksanaan Terapi Musik Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta. Institut Agama Islam Negri Surakarta. Available at: http://fud.iain-surakarta.ac.id.

Wisbey, A. (1980). Music As The Source Of Learning Mtp Press Limited International Medical. Lancasfer Egland.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP