LITERASI KETAHANAN PANGAN: PEMANFAATAN PEKARANGAN GUNA MENDUKUNG KETERSEDIAAN PANGAN BERGIZI

Dwi Indah Suryani, Prasetyaningsih Prasetyaningsih, Lulu Tunjung Biru

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis literasi ketahanan pangan ibu rumah tangga melalui pemanfaatan pekarangan guna mendukung ketersediaan pangan bergizi. Desain penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan pada 30 responden yang terdiri dari ibu rumah tangga di Kota Serang. Instrumen penelitian berupa angket yang dikembangkan dari indikator pengetahuan ibu rumah tangga akan pentingnya ketahanan pangan dan pemanfaatan lahan pekarangan guna mendukung ketersediaan pangan yang bergizi. Analisis data diperoleh dari skor berdasarkan kategori sangat baik, baik, kurang dan sangat kurang. Hasil analisis penelitian ini berupa skor yang menyatakan kategori tingkat literasi ketahanan pangan ibu rumah tangga melalui pemanfaatan pekarangan guna mendukung ketersediaan pangan bergizi berada pada kategori sangat baik.

Kata Kunci : Literasi  Ketahanan Pangan, Pemanfaatan Pekarangan, Ketersediaan Pangan Bergizi.


Full Text:

PDF

References


Agnaou, F. (2003). Gender, Literacy, and Empowermen in Marocco, New York: Routledge.

Arida, A, Sofyan dan Fadhiela, K. (2015). Analisis Ketahanan Pangan Rumah Tangga Berdasarkan Proporsi Pengeluaran Pangan dan Konsumsi Energi. Jurnal Agrisep, 16(1).

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. (2011). Inovasi Pengolahan Singkong Meningkatkan Pendapatan dan Diversifikasi Pangan. Jakarta: Agro Inovasi.

Budiyono, A. K. (2004). Dasar - Dasar Ilmu Gizi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Clark, S. (2013). Framing an Undergraduate Minor through the Civic Agriculture and Food Systems Curriculum. NACTA Journal, Juni, 56-57.

Haerudin. 2010. Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Tambahan Pendapatan Ekonomi Masyarakat di Desa Wanasaba Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. Jurnal EducatiO, 5(1), pp. 11-25.

Kementerian Pertanian. 2012. Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Jakarta: Kementerian Pertanian.

Riduwan. 2013. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Singarimbun. M dan Effendi, S. 2011. Metode Penelitian Survei. Pustaka LP3ES: Jakarta.

Sukmadinata, N. S. Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Suryani dan Widianingsih, A. 2012. Peran Gender Dalam Pemanfaatan Pekarangan di Kabupaten Mesuji. Prosiding Inovasi Hasil Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung.

Suryantini, H. 2004. Pemanfaatan Informasi Teknologi Pertanian Oleh Penyuluh Pertanian (Kasus di Kabupaten Bogor, Jawa Barat). Jurnal Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Informasi Teknologi Pertanian. 15-21, Bogor.

Yuliarso, M.Z. 2009. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Ibu Rumah Tangga Nelayan dalam Menggunakan Media Massa Sebagai Sumber Informasi. Jurnal Agrisep, 10(1), pp: 73 –82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP