PARTICIPATORY LEARNING AND ACTION (PLA) PADA KELOMPOK KELUARGA HARAPAN DI KOTA SERANG

Dadan Darmawan, Ila Rosmilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap praktik-praktik Participatory Learning and Action (PLA) pada kelompok keluarga harapan di semua kecamatan kota Serang Provinsi Banten. Participatory Learning and Action (PLA) atau belajar dari bertindak secara partisipatif, belajar dan bertindak bersama atau aksi-refleksi partisipatif. Participatory Learning and Action (PLA) merupakan pendekatan untuk belajar pada komunitas yang menempatkan nilai yang sama antara pengetahuan dan pengalaman masyarakat lokal dalam kapasitas atau kemampuan mereka untuk memberikan solusi atas masalah yang mempengaruhi mereka. Hal ini dilakukan agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam setiap agenda kegiatan dari program keluarga harapan. Dengan menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA) pada kelompok keluarga harapan, target/hasil (output) dari penelitian ini adalah  (i)Mendokumentasikan praktik – ptaktik Participatory Learning and Action (PLA) pada kelompok keluarga harapan. (ii)Merumuskan Participatory Learning and Action (PLA) pada kelompok keluarga harapan dan sebagai masukan bagi para stakeholder terkait dalam Program Keluarga Harapan. Pada akhirnya, dalam jangka Panjang, rumusan rencana pendekatan Participatory Learning and Action (PLA) pada kelompok keluarga harapan ini mampu memberikan masukan terhadap metode pendekatan pemberdayaan masyarakat, proses pemberdayaan masyarakat mendapatkan hasil yang diharapkan dan membangun masyarakat yang partisipatif.

 

Kata Kunci: participatory learning and action, program keluarga harapan


Full Text:

PDF

References


Agustino, Leo. 2008. Dasar- dasar Kebijakan Publik. Alfabeta: Bandung.

Panduan Pengambilan Data Dengan Metode Rapid Rural Appraisal (PRA) Dan Participatory Rural Appraisal (PRA), Jakarta, Desember 2006, 3.

Relevansi Metode Participatory Rural Appraisal Dalam Mendukung Implementasi Undang-Undang Pemerintahan Desa, Journal Lingkar Widyaiswara, 29 Maret 2014, 40

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar ProsesBelajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sutami. 2009. Partisipasi Masyarakat pada Pembangunan Prasarana Lingkungan melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PPMK). Semarang : UNDIP.

Yulianti, Yoni. 2012. Analisis Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyaarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan. Padang : Universitas Andalas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP