STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENARIK ANIMO MASYARAKAT PUTUS SEKOLAH (STUDI KASUS DI PKBM JANJI BAIK)

Christina Pricilia Putri Purba, Ila Rosmilawati

Abstract


Abstrak: Janji Baik adalah startup yang berfokus pada isu pendidikan dan sosial, Pada penelitian ini peneliti berfokus pada isu pendidikan, dengan program yang dimiliki yaitu kesetaraan Paket A, B, dan C. dengan tujuan untuk melihat strategi pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh Lembaga pendidikan non formal guna meningkatkan animo masyarakat yang putus sekolah untuk kembali melanjutkan pendidikan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian case study research (Studi Kasus) dan bersifat deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, wawancara, dan dokumetasi. Ruang lingkup dari penelitian ini terlihat jelas dengan adanya pelaksanaan PPDB yaitu antara stakeholder dan masyarakat. Dengan menggunakan marketing mix atau bauran pemasaran dengan ketujuh Unsurnya (7P) Product (Produk), price (Harga), place (Harga), Promotion (Promosi), People (SDM), Physical Evidance (Sarana Prasarana), Process (Proses). Maka akan membantu dalam mencapai tujuan lembaga, dalam hal ini Janji Baik dalam menyadarkan meningkatkan animo masyarakat putus sekolah.
Kata Kunci: Sekolah Kesetaraan, Pemasaran Pendidikan, Masyarakat

Abstract: Janji Baik is a startup that focuses on educational and social issues. In this research, the researcher focuses on educational issues, with programs that are equal to Packages A, B, and C. with the aim of looking at educational marketing strategies carried out by non-formal educational institutions in order to increase the enthusiasm of people who have dropped out of school to return to continue their education. Using a qualitative approach with case study research (Case Study) and descriptive in nature and using observation, interview and documentation data collection techniques. The scope of this research is clearly visible from the implementation of PPDB, namely between stakeholders and the community. By using a marketing mix or marketing mix with the seven elements (7P) Product, price, place, Promotion, People, Physical Evidence, Process. This will help in achieving the institution's goals, in this case the Good Promise in raising awareness and increasing the interest of people who have dropped out of school.
Keywords: School Equity, Education Marketing, Community

Full Text:

PDF

References


Alaslan, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Arifien, S. (2017). METODELOGI. Retrieved JUNE Rabu, 13, 2024, from http://repository.radenintan.ac.id/2361/4/BAB_3.pdf

Ariyani, S. (n.d.). Ariyani, S.N.ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN (4P) DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus PT. Coronet Crown Cabang Kalimantan Selatan 1). Kalimantan. Retrieved Juni Kamis 14 , 2024, from https://eprints.uniska-bjm.ac.id/7143/1/SITI%20NUR%20ARIYANI%20ARTIKEL.pdf

Ekarini, E. (2014). BAB II. Yogyakarta. Retrieved Juni 13, 2024, from http://e-journal.uajy.ac.id/6157/3/MM201756.pdf

Jumiati., R. E. (2024). Strategi Pemasaran Pada Pendidikan Dalam Menarik Minat Siswa Baru di Kalabula School. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi (JURRIE), Vol 3 No1, 29-37. doi:https://doi.org/10.55606/jurrie.v3i1.2594

Junaris, I. H. (2022). Manajemen Pemasaran Pendidikan. Jawa Tengah: CV.EUREKA MEDIA AKSARA.

Karlis, K. M. (2023). Manajemen Pemasaran PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Jurnal Trending: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, Vol 1 No 3, 14-20. doi:https://doi.org/10.30640/trending.v1i3.1112

Nuha, M. (2021). SKRIPSI: Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MTs Minat Kesugihan Cilacap. Cilacap.

Prastowo, S. M. (2022). Manajemen Marketing Jasa Pendidikan Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol 13 No 2.

Pratiwi, A. R. (2023). PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN OMSET DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT PERSPEKTIF MARKETING SYARIAH PADA TOKO FIHADAESSIE SURABAYA. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, Vol 6 NO 1. doi:https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1018

Rinta, A. F. (2022). Strategi Pengelolaan Pemasaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, Vol 1 No 1.

Rofiki, M. S. (2021). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah Menengah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 3 No 6, 4057-4065. doi:DOI https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1327

Utami, Y. W. (2020). MARKETING PROGRAM PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (Peningkatan Minat Masyarakat Terhadap Program Pendidikan Luar Sekolah Melalui Marketing Mix Di Sanggar Kegiatan Belajar Bantul Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Untuk Semua, Vol 04, 51-62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.