MANAJEMEN PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPILIN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Muhammad Farhan Ramadhan, Matin Matin, Sugiarto Sugiarto

Abstract


Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah serta masih banyaknya peserta didik yang mengalami keterlambatan kedatangan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi manajemen guru dalam mengembangkan karakter peserta didik di sekolah menengah atas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik, wakil kepala bidang kesiswaan, serta guru. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil peneltian menunjukan: 1) perencanaan dalam mengembangkan kedisiplinan peserta didik dimulai dengan mengatur tata tertib serta merancang kegiatan pembinaan yang berkaitan dengan kedisiplinan peserta didik 2) pengorganisasian dalam mengembangkan kedisiplinan peserta didik dengan mensosialisasikan tata tertib serta program pembiasaan yang telah di rencanakan oleh para guru kepada para peserta didik untuk di ikuti selama proses pendidikan di sekolah 3) implementasi yang di laksanakan dalam mengembangkan kedisiplinan peserta didik adalah dengan mengarahkan peserta didik untuk selalu menjalankan tata tertib sesuai dengan ketentuan atau nilai-nilai yang berlaku di sekolah 4) evaluasi di lakukan secara berkala di lakukan oleh para guru serta pihak struktural sekolah.
Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan, Karakter, Disiplin

Abstract: The background to this research is that there are still many students who violate school rules and there are still many students who experience delays in arriving at school. This research aims to determine the process of implementing teacher management in developing the character of students in high school. The research subjects in this study were students, deputy heads of student affairs, and teachers. The research method used is a descriptive qualitative approach. The results of the research show: 1) planning in developing student discipline begins with arranging rules and designing coaching activities related to student discipline 2) organizing in developing student discipline by socializing rules and habituation programs that have been planned by teachers to students to be followed during the education process at school 3) the implementation carried out in developing student discipline is by directing students to always carry out the rules and regulations in accordance with the provisions or values that apply in the school 4) evaluations are carried out periodically carried out by teachers and school structural parties..
Keywords: Management, Education, Character, Dicipline

Full Text:

PDF

References


Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 69-74. doi:https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102

Arifudin, M., Sholeha, F. Z., & Umami, L. F. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Ma'Alim: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 146-161. doi:https://doi.org/10.21154/maalim.v2i2.3720

Arniah, A., Rifai, A., & Jannah, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basic Edu, 6(5), 8626-8634. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3843

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen PendidikanDalam MeningkatkanMutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68-85. doi:10.59373/academicus.v2i2.25

Elpa, R., & Dafit, F. (2022). Kerjasama Guru dan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas V SDN 190 Pekanbaru. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(1), 95-110.

Hambali, I. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 87-93. doi:https://doi.org/10.54371/jiip.v4i1.209

Meriza, I. (2018). Pengawasan (Controling) Dalam Institusi Pendidikan. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(1), 37-46.

Muniroh, J., & Muhyadi, M. (2017). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 161-173. doi:10.21831/amp.v5i2.8050

Pratama, E. D., & Haryana, K. (2018). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Negeri 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 23(1), 11-26. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/index.php/otomotif-s1/article/view/12195

Rahmat, N., Sepriadi, S., & Daliana, R. (2017). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Guru Kelas di SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 229-244. doi:https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1471

Rahmawati, A. D. (2018). Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri. Arabi: Journal of Arabic Studies, 3(1), 52-60. doi:http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v3i1.71

Ramadhan, M. F., & Arthur, R. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kemampuan Softskills dan Hardskills Siswa di SMK Musik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 104-115. doi:https://doi.org/10.24176/re.v13i1

Rianti, E., & Mustika, D. (2023). Peran Guru dalam Pembinaan Karakter Disiplin Peserta Didik. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 360-373. doi:10.37985/murhum.v4i2.325

Satariyah, S., & Nandar, N. (2022). Urgensi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Peserta Didik. Arfannur: Journal Of Islamic Education, 3(1), 1-10. doi:https://doi.org/10.24260/arfannur.v3i1.632

Sugiyono, S. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(2), 193-208. doi:10.15575/isema.v4i2.5526

Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Disiplin Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 63-66. doi:10.26740/jp.v1n1

Yanto, M. (2020). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius pada Era Digital. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(3), 176-183. doi:https://doi.org/10.29210/146300


Refbacks

  • There are currently no refbacks.